Peristiwa Nasional

Pesawat N219 Masuki Tahap Pengujian Sayap dan Landing Gear

Sabtu, 23 Juli 2016 - 04:07 | 85.73k
Pesawat N219 diperlihatkan kepada pubik pada Rool Out atau Penampilan Perdana Pesawat N219 di Hanggar PT. Dirgantara Indonesia (PT.DI), Bandung, Jawa Barat, Desember 2015 silam. (Foto: antara)
Pesawat N219 diperlihatkan kepada pubik pada Rool Out atau Penampilan Perdana Pesawat N219 di Hanggar PT. Dirgantara Indonesia (PT.DI), Bandung, Jawa Barat, Desember 2015 silam. (Foto: antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (DI) akan melakukan pengujian pesawat terbang N219 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang dipusatkan di Kota Solo.

Pengujian pesawat buatan Indonesia ini terdiri dari pengujian sayap dan "landing gear" pesawat.

Direktur Sistem Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) sekaligus Ketua Pelaksana Hakteknas, Ophirtus Sumule di Solo, Jumat (22/7/2016) mengatakan, jika nanti dinyatakan lolos uji, maka akan dilanjutkan menuju proses sertifikasi untuk uji terbang pertama.

"Pengujian sayap pesawat N219 di Bandara Andir, Bandung dan 'landing gear' pesawat di Bandara Subang," katanya.

Sebagai informasi, Pesawat N219 berkapasitas 19 penumpang buatan anak bangsa ini secara resmi telah selesai dikerjakan rancang bangun dan siap diperkenalkan kepada publik. Pesawat yang secara resmi diperkenalkan ke publik pada Desember 2015 silam ini nantinya dioperasikan di wilayah Indonesia Timur.

Sumule menjelaskan dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional akan digelar 7-13 Agustus mendatang, akan dipamerkan ratusan produk inovasi nasional.Termasuk 36 robot hasil karya perguruan tinggi dan komunitas, 30 alat peraga ilmu pengetahuan serta demo sains termasuk demo panser dan demo motor atau sepeda listrik.

Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) akan digelar di Stadion Manahan pada 10 Agustus mendatang. Presiden Joko Widodo didampingi jajaran Menteri Kabinet Kerja akan membuka peringatan Hakteknas tersebut.

"Pada kesempatan tersebut, Presiden juga akan menekan simulator pesawat N219 sebagai tanda dimulainya pengujian sayap dan "landing gear" pesawat," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES