Peristiwa Daerah

Sambut Musim Tanam, Pupuk Indonesia Siapkan 1,3 Juta Ton Pupuk Bersubsidi

Selasa, 19 Juli 2016 - 18:24 | 160.27k
Ilustrasi petani sedang melakukan pemupukan di sawah. (foto; tempo)
Ilustrasi petani sedang melakukan pemupukan di sawah. (foto; tempo)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menyambut musim tanam kedua di tahun 2016, PT Pupuk Indonesia (PI) menyediakan stok pupuk bersubsidi mencapai 1,3 juta ton. Direktur Utama PI Aas Asikin Idat mengatakan, jumlah stok yang disediakan telah jauh melebihi ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu minimal untuk kebutuhan dua sampai tiga minggu ke depan.

“Stok pupuk tersebut saat ini sudah tersebar di gudang-gudang lini III, yang berada di tingkat kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia,” tutur Aas dalam siaran persnya, Selasa (19/7/2016).

Tidak hanya mengamankan stok pupuk bersubsidi, namun PI juga menerapkan lima strategi utama dalam menghadapi musim tanam kedua. Mulai dari hasil produksi pupuk diutamakan untuk kebutuhan subsidi.

Kemudian menyiapkan stok minimal dua sampai tiga minggu ke depan di setiap gudang lini III, menambah jumlah gudang untuk meningkatkan kapasitas stok, menambah petugas lapangan di setiap kabupaten guna memonitor stok pupuk, serta meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait di seluruh daerah.

“Selain itu, stok pupuk juga dapat dipantau melalui website Pupuk Indonesia, dan kami akan terus meningkatkan kualitas sistem monitoring ini,” jelasnya.

PI juga akan melayani petani melalui kios-kios resminya, dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Yakni, sesuai dengan nama dan alamat yang tercantum dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Supaya dapat dilayani di kios resmi, kami mengajak para petani agar berkenan bergabung dalam kelompok tani terlebih dahulu, sehingga dapat terdaftar dalam RDKK,” himbau Aas.

Penyediaan stok pupuk bersubsidi yang cukup banyak, juga sebagai langkah antisipasi atas dampak La Nina, yang diprediksi akan berlangsung hingga Bulan September 2016.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES