Peristiwa Nasional

Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Fisika Dunia

Selasa, 19 Juli 2016 - 05:32 | 53.49k
Salah satu peserta Olimpiade Sains Provinsi 2016 (psma.kemdikbud.go.id)
Salah satu peserta Olimpiade Sains Provinsi 2016 (psma.kemdikbud.go.id)

TIMESINDONESIA, TANGERANG – Indonesia berhasil meraih lima medali, satu emas dan empat perak dalam Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olimpiad) di Zurich, Swiss, 10 hingga 17 Juli 2016.

"Raihan ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya mendapatkan perak," ujar Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen Kemdikbud), Senin (18/7/2016) saat menerima kedatangan tim olimpiade tersebut di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Tim Indonesia berprestasi ini, terdiri dari Michael Gilbert (emas), Edwin Aldrian Santoso (perak), Kevin Limanta (perak), Hugo Herdianto (perak), dan Raymond Ho (perak). 

Tim Olimpiade Fisika Indonesia tersebut dipimpin oleh Syamsu Rosid (Universitas Indonesia) dan Kamsul Abraha (Universitas Gadjah Mada). "Saingan terberat masih tetap Tiongkok," ucapynya.

Olimpiade fisika tingkat dunia tersebut diikuti oleh peserta dari 87 negara. Setiap negara mengirimkan tim yang terdiri dari lima peserta.  Kompetisi dilakukan dalam dua gelombang, fisika eksperimen dan fisika teori. Masing-masing berlangsung selama lima jam dan keduanya diselenggarakan di Kampus Irchel, Universitas Zurich. 

Ia menjelaskan, topik soal olimpiade pada tahun ini, untuk fisika eksperimen terdiri dari konduktivitas listrik dua dimensi, transisi fase dan ketidakstabilan material nonlinear.  Sedangkan untuk fisika teori, terdiri dari topik mekanika, elektronika dan fisika modern. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES