Peristiwa Internasional

Hillary Clinton Dinilai Lebih Paham Indonesia

Selasa, 19 Juli 2016 - 03:35 | 35.63k
Hillary Clinton (Foto: time.com)
Hillary Clinton (Foto: time.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Pati Djalal menilai kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) asal Partai Demokrat, Hillary Clinton lebih memahami Asia termasuk Indonesia dibandingkan dengan pesaingnya, Donald Trump. 

"Saya lebih pilih Hillary Clinton daripada Donald Trump, karena ia memahami Asia, dan Hillary yang menjalankan kebijakan rebalance terhadap Asia," ujar Dino, Senin (18/7/2016) usai menghadiri acara perpisahan masa jabatan Duta Besar AS untuk RI Robert Blake di Wisma Antara, Jakarta.

Ia pun mengatakan, seandainya Donald Trump yang terpilih menjadi Presiden AS, maka kebijakannya tidak akan jauh melenceng dari politik luar negeri AS.

Menurutnya, kebijakan politik luar negeri AS memang harus menjalin hubungan baik dengan negara mayoritas muslim dan negara berkembang.

Dino menilai Presiden AS harus bisa menciptakan stabilitas dan keamanan dalam kondisi keadaan yang seperti sekarang, sehingga dapat menjaga kedamaian tanpa menghancurkan.

"Tanggung jawab Presiden AS nanti besar, siapapun yang terpilih, terutama persoalan kestabilan keamanan internasional," katanya.

Saat  ini, lanjutnya, hubungan antara Indonesia dengan AS dalam kondisi bagus, setelah tadinya terkena embargo militer dari AS.

Mantan Duta Besar RI untuk AS ini menyampaikan, hal terpenting bagi Indonesia yang berpolitik bebas aktif adalah bagaimana menjaga dan menjalankannya ketika harus bekerja sama, namun juga ada rivalitas antar-kedua negara di dunia.

"Tidak perlu ada hubungan kalah menang antara AS dan Tiongkok, semuanya harus menang-menang, ketika bekerja sama dengan Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, masih banyak ruang yang bisa dikembangkan dalam kerja sama antara Indonesa dengan AS atau Tiongkok, salah satunya di bidang pendidikan, di mana mahasiswa Indonesia di AS ada sekitar 8 ribu orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES