Otomotif

Marquez Menang Karena Jitu Pilih Ban

Senin, 18 Juli 2016 - 00:23 | 131.88k
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (foto : motogp.com)
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (foto : motogp.com)

TIMESINDONESIA, JERMAN – Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil menjuarai GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (17/7/2016) dalam balapan yang berlangsung ketat dalam lintasan basah di awal lomba.

Marquez menyelesaikan balapan dengan mencatatkan waktu tercepat yakni 47 menit 3,239 detik, disusul pebalap LCR Honda Cal Crutchlow dan pebalap Ducati Andrea Dovizioso berada naik podium di urutan kedua serta ketiga dengan selisih waktu 9,857 detik dan 11,613 detik.

Hasil tersebut membuat Marquez berhasil mencatatkan diri sebagai pebalap pertama MotoGP yang memenangi seri GP Jerman empat kali beruntun sejak dipindah ke Sirkuit Sachsenring sejak 1998. Atau juara tujuh kali jika dihitung dengan kemenangan di Moto3 dan Moto2.

Berkat kemenangan tersebut, Marquez kini memimpin klasemen pembalap MotoGP 2016 dengan raihan 170 poin yang memiliki jarak 48 poin dari pesaing terdekat juara bertahan pebalap Movistar Yamaha Tech 3, Jorge Lorenzo (112 poin) yang dibalap kali ini finish di posisi 15.

Di pertengahan lomba saat lintasan berubah mengering, joki Ducati Andrea Iannone menjadi pebalap pertama yang mengganti tunggangannya pada putaran ke-13 demi menggunakan ban tipe intermediate. Dan sejak itu para pebalap satu per satu menghampiri garasi tim masing-masing untuk mengganti kendaraannya yang memiliki kombinasi ban kering.

Tak terkecuali Marquez, yang sempat keluar lintasan di tikungan kedelapan pada awal-awal balapan, pada putaran ke-17 akhirnya berganti tunggangan untuk menggunakan ban kering, yang segera membuatnya melesat empat detik lebih cepat dibandingkan pebalapan yang berada di urutan terdepan lomba.

Keluar dari garasi dengan ban baru menempati urutan belasan, Marquez melewati satu per satu pesaingnya demi mengambil alih posisi terdepan saat lomba menyisakan enam putaran terakhir dan sejak itu melesat tak terkejar. Marquez bahkan sempat unggul 30 detik dari Scott Redding yang saat itu menduduki posisi dua, pada putaran ke-28.

Marquez mengatakan bahwa strategi itu sebenarnya tak berjalan mudah. "Sangat-sangat sukar," kata Marquez ketika diwawancarai oleh media setelah balapan.

"Saya salah memilih ban tipe basah dengan menggunakan ban ekstra lunak. Saya sangat kesulitan meski sempat mendapatkan momen yang bagus dengan tipe ban hujan."

"Kami memutuskan balapan flag-to-flag. Namun di putaran-putaran awal sebenarnya saya sangat kesulitan, sebelum akhirnya menemukan ritme," kata pebalap yang selalu menang GP Jerman sejak 2013.

"Tapi ketika saya bisa memimpin 20 detik, rasanya sangat menyenangkan. (*)


Berikut Hasil GP Jerman 2016:

1.   (93) Marc Marquez - Repsol Honda
2.   (35) Cal Crutchlow - LCR Honda
3.   (4) Andrea Dovizioso - Ducati
4.   (45) Scott Redding - Octo Pramac
5.   (29) Andrea Iannone - Ducati
6.   (26) Danie Pedrosa - Repsol Honda
7.   (43) Jack Miller - Estrella Galicia
8.   (46) Valentino Rossi - Movistar Yamaha
9.   (8) Hector Barbera - Avintia Racing
10. (19) Alvaro Bautista - Aprilia Racing Gresini
11. (50) Eugene Laverty - Aspar MotoGP
12. (25) Maverick Vinales - Suzuki Ecstar
13. (38) Bradley Smith - Monster Yamaha Tech 3
14. (41) Aleix Espargaro - Suzuki Ecstar
15. (99) Jorge Lorenzo - Movistar Yamaha MotoGP

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : MotoGP

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES