Peristiwa Internasional Kudeta Turki 2016

Militer Turki Kudeta Erdogan

Sabtu, 16 Juli 2016 - 07:49 | 53.43k
Militer Turki kudeta pemerintahan Erdogan (Foto: Reuters)
Militer Turki kudeta pemerintahan Erdogan (Foto: Reuters)
FOKUS

Kudeta Turki 2016

TIMESINDONESIA, ISTANBUL – Pihak militer Turki mengklaim tengah merebut kendali kekuasaan di Turki pada Jumat (15/7/2016) malam waktu setempat. Laporan menyebutkan kondisi di Turki dipenuhi dengan suara tembakan.

Tentara mengambil alih televisi negara TRT, yang mengumumkan jam malam di seluruh negeri dan darurat militer.

Seorang penyiar membacakan sebuah pernyataan atas perintah militer yang menuduh pemerintah mengikis aturan demokratis dan hukum sekuler.

"Pemerintahan saat ini tengah dijalankan oleh 'dewan perdamaian'," isi dari pernyataan yang dibacakan TRT, seperti dikutip Sky News, Sabtu (16/7/2016).

Sementara itu Presiden Tayyip Erdogan berjanji bahwa kudeta akan digagalkan. "Kami akan mengatasi hal ini," kata Erdogan, yang berbicara pada panggilan video via ponsel di depan kamera penyiar CNN di Turki. Dia meminta para pengikutnya untuk turun ke jalan untuk membela pemerintahnya dan mengatakan komplotan kudeta akan membayar harga yang berat.
 
Dalam kudeta yang terjadi Jumat (15/7/2016) malam waktu setempat ini, militer menutup bandara, akses ke situs media sosial internet terputus, dan pasukan menutup dua jembatan di atas Bosphorus di Istanbul.

Laporan juga menyebutkan, pesawat-pesawat tempur dan helikopter meraung di atas ibu kota Ankara. Beberapa suara ledakan terdengar di Ankara.

Sementara itu, Perdana Menteri Turki Binali Yildrim mengonfirmasi kudeta ini. Menurutnya ini adalah upaya ilegal dari faksi kecil di militer untuk merebut kekuasaan.
 
Yildrim mengatakan rakyat untuk tetap tenang dan menyebutkan bahwa pihak keamanan tengah berupaya untuk meredakan ketegangan. Menurutnya siapa pun yang bertanggungjawab akan menerima konsekuensinya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES