Gaya Hidup

Tetap Bugar Saat Hamil dengan Olahraga

Rabu, 13 Juli 2016 - 16:56 | 50.07k
Ilustrasi. (Foto: haicantik.com)
Ilustrasi. (Foto: haicantik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat dalam kondisi hamil wanita sering malas untuk beraktivitas. Kebiasaan ini sebaiknya segera dihilangkan karena malas akan membuat kondisi ibu hamil tidak sehat. Meski dalam kondisi hamil, sebaiknya lakukan aktivitas sehari-hari dan hindari aktivitas berat.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan kecil. Olahraga untuk ibu hamil memiliki bermacam manfaat. Berikut manfaat olahraga bagi ibu hamil dari berbagai sumber.

1. Melancarkan Aliran Oksigen
Setiap kali Ibu berolahraga ringan, janin akan mendapatkan aliran oksigen yang lebih banyak ke dalam darahnya. Hal ini dapat memacu proses metabolisme tubuh sehingga Ia akan merasa lebih senang dan nyaman.

2. Tidur Lebih Baik
Saat sedang mengandung seberat 7 kg (atau lebih), akan sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Akan tetapi, olahraga akan membantu ibu hamil membuang energi dan membuat cukup capek yang akan mambuat tidur lebih lelap.

3. Meningkatkan Energi
Kehamilan bisa menyedot energi, namun dengan olahraga yang teratur bisa membantu ibu hamil melakukan pekerjaan harian. Olahraga akan memperkuat sistem kardio vaskular jadi ibu hamil tidak akan mudah capek.

4. Mempersiapkan Proses Persalinan
Proses kelahiran mirip dengan lari maraton yang membutuhkan stamina, juga fokus. Berlatih proses kelahiran melalui olahraga teratur akan mempermudah usaha ibu hamil dan bisa juga memperpendek rentang waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi.

Meski olahraga diperlukan bagi ibu hamil, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan yang menangani Anda. Tanyakan mengenai kondisi kehamilan Anda dan jenis olahraga yang bisa dilakukan. Hal ini untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan karena olahraga yang Anda lakukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES