Kesehatan

Teh Pahit Bantu Lawan Kolesterol Jahat

Rabu, 13 Juli 2016 - 01:14 | 67.98k
Ilustrasi. (Foto: nutritionsecrets.com)
Ilustrasi. (Foto: nutritionsecrets.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teh pahit bermanfaat untuk mengatasi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Sangat disarankan untuk minum teh pahit setelah mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol semisal udang dan kepiting.

"Minum teh pahit bisa membantu (mengatasi kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh). Dalam teh ada kandungan zat aktifnya," kata ahli nutrisi dari Universitas Indonesia, Dr Saptawati Bardosono, dilansir dari Antara, Selasa (12/7/2016).

Saptawati menambahkan, kadar kolesterol jahat juga dapat diantisipasi dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Dengan aktivitas fisik kolesterol baik meningkat dan kolesterol jahat dapat dibersihkan dari sirkulasi darah

Selain teh pahit, mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol sebaiknya juga diimbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan, karena kandungan serat dan fitosterolnya dapat menghambat penyerapan lemak di usus. 

"Imbangi dengan makan sayur dan buah untuk mendapatkan serat dan fitosterol sehingga dapat menghambat penyerapan lemak di usus," ujarnya.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan penyebab jantung koroner. Kadar kolesterol dikategorikan normal bila berada pada angka di bawah 200 mg d/L, yakni terdiri dari LDL atau kolesterol jahat di bawah 130 mg d/L dan HDL atau kolesterol di atas 40 mg d/L. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES