Peristiwa Daerah

Netizen Support Bocah Penderita Pembesaran Perut dan Testis

Selasa, 12 Juli 2016 - 18:09 | 126.13k
Mohamad Hoirul Adam, saat digendong oleh ayahnya, Ali. Bocah ini akan dibawa ke RSD dr. Soebandi untuk mendapatkan perawatan medis. (Foto: mahrus solih/TIMESInonesia)
Mohamad Hoirul Adam, saat digendong oleh ayahnya, Ali. Bocah ini akan dibawa ke RSD dr. Soebandi untuk mendapatkan perawatan medis. (Foto: mahrus solih/TIMESInonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Warga dunia maya atau netizen, beramai-ramai mendoakan Mohamad Hoirul Adam, bocah 5 tahun yang menderita pembengkakan perut dan testis. Bahkan mereka berencana menggelar aksi penggalangan dana untuk meringankan beban keluarga Adam.

“Ya Allah, semoga Allah mengangkat penyakitnya. Buat adeknya, yang kuat dan sabar ya, Dek!,” tulis akun bernama Wiwik Wijayanti, Selasa (12/7/2016).

BACA JUGA: ''Jika Sembuh, Saya Ingin Sekolah''

Komentar ini, menanggapi sebuah foto yang diunggah oleh akun Facebook bernama Fito, Senin (11/7/2016) kemarin. Dalam foto itu terlihat, seorang anak tengah mengangkat kaosnya, sementara perut dan testisnya terlihat membesar. Sementara seorang pria yang ditengarai sebagai pemilik akun Fito, memegang kepala bocah tersebut.

Hingga Selasa petang, postingan ini telah disukai oleh 1700 lebih netizen. Hampir 600 netizen diantaranya mengomentari beragam. Ada yang mendoakan kesembuhan, memberi dukungan, hingga berencana menggalang aksi kemanusiaan untuk mengumpulkan dana buat pengobatan Adam.

“Yang berniat menggalang dana (untuk Adam) bagaimana kalau besok berkumpul di Alun-alun (Jember),” kata akun Cahya Indah Sari, di kolom komentar.

Kontan, ajakan tersebut mendapat tanggapan positif dari netizen lainnya. Tak sedikit yang merespon untuk bergabung dalam aksi kemanusiaan tersebut. “Ok, insyaallah saya ikut (aksi penggalangan dana),” sebut akun bernama Amrul dan Rindi Wahid Prasetyo Abdi.

Diberitakan sebelumnya, Mohamad Hoirul Adam menderita pembengkakan diperut dan testisnya. Menurut sang ibu, Puji Rahayuningsih, kondisi yang diderita putranya tersebut telah terjadi sejak 3 tahun lalu, saat berusia 2 tahun.

“Semula anak saya bisa bermain seperti biasa. Namun sejak 3 hari sebelum lebaran kemarin, dia tak lagi bisa berjalan, sehingga hari-harinya dihabiskan di tempat tidur,” kata Ningsih, sapaan ibunda Adam, kepada sejumlah wartawan yang berkunjung ke rumahnya di Dusun Paci, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Selasa (12/7/2016) siang.

Siang itu, Adam sesekali mengeluh sakit dibagian perutnya yang membuncit. Kondisinya terlihat mengenaskan, karena sejumlah garis arteri terlihat samar membayang di perutnya yang kian membesar. Pusarnya menonjol keluar, sekitar 1 centi meter. Sementara dibagian selangkangan, testisnya membengkak, besarnya nyaris seukuran kelapa gading.

Kepala Puskesmas Sumberbaru, dr. Wisnu Widodo tak berani memastikan jenis penyakit yang diderita Adam. Karena untuk mengetahuinya harus memalui pemeriksaan lengkap oleh dokter ahli.

“Biar tim dokter rumah sakit yang menjawabnya. Namun jika dilihat dari segi fisik, dia menderita Hernia Urinoma, yang bisa disebabkan karena ginjal yang tak berfungsi dengan baik,” jelasnya.

“Sehingga meyebabkan testisnya membesar, karena urine tak bisa keluar melalui saluran kencing. Hal ini bisa dilihat dari cairan yang terus merembes lewat testis,” imbuhnya.

Selanjutnya, pihak Puskesmas membuat surat rujukan ke RSD dr. Soebandi Jember agar bocah tersebut mendapat perawatan kesehatan yang lebih memadai.

Adam juga mendampat dampingan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Faida For You (F2U, baca : F to You), untuk membantu mendapatkan pengobatan secara gratis di rumah sakit milik pemerintah.

“Untuk biaya pengobatan kami akan bantu untuk menguruskannya dan mendaftarkan sebagai pasien kurang mampu. Insyaallah bisa gratis,” kata Ketua F2U, Nikmatul Fatimah.

Kendati demikian, uluran tangan dari dermawan tetap diterima oleh pihak keluarga, sehingga mampu meringankan beban yang selama ini ditanggung orang tua Adam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES