Otomotif

Banyak Negara Berminat Menjadi Sponsor Rio Haryanto

Kamis, 07 Juli 2016 - 08:28 | 110.55k
Pebalap F1 Tim Manor Rio Haryanto (Foto: sport.viva)
Pebalap F1 Tim Manor Rio Haryanto (Foto: sport.viva)

TIMESINDONESIA, LONDON – Meski minim prestasi di musim pertamanya di Formula Satu (F1), pebalap Indonesia Rio Haryanto ternyata menarik minat negara lain untuk menjadi sponsor. Kontrak Rio dengan tim Manor sendiri akan habis kontrak balap musim ini di GP Hungaria.

"Rio adalah satu-satunya pembalap (di F1) dari Asia Tenggara dan ada minat dari Jepang, Malaysia dan Thailand. Kami tentu mau menerima dana dari negara lain, namun Rio akan tetap tampil sebagai pembalap Indonesia dan dia bangga sebagai pembalap Indonesia," kata Manajer Rio, Piers Hunnisett, Rabu (6/7/2016) di Inggris.

Saat ini, Rio berada di London dalam persiapan seri ke sepeluh GP silverstone, Minggu (11/7/2016) mendatang.

Kontrak keikutsertaan Rio Haryanto sebagai pay driver atau pembalap yang membawa sponsor di Manor Racing memerlukan biaya 15 juta euro, sementara yang terkumpul sekitar 7 juta euro.

Hunnisett, mengatakan masih belum ada kepastian tentang kekurangan dana yang perlu dibayar oleh tim manajemen Rio yang mestinya diserahkan ke Manor, namun dia yakin akan dapat meraih hasil dalam dua minggu ke depan.

Bila dana itu tidak terpenuhi, Rio hanya bisa mengikuti 11 balap F1 musim ini, yaitu hingga GP Hungaria pada tanggal 24 Juli mendatang.

"Kami mendapatkan janji dari berbagai pihak namun belum ada yang terwujud dan kami akan tetap berupaya agar Rio tetap mengikuti balap di F1 sampai musim tahun ini selesai," kata Hunnisett.

Rio sendiri mengatakan dia tidak terpengaruh terkait kondisi finansial yang membayangi kelanjutan balap pada musim ini. "Kalau ada sponsor dari luar akan saya terima, tapi saya akan tetap racing untuk Indonesia," kata Rio kepada BBC Indonesia.

Dalam GP di Austria, Rio berada di posisi ke-16 dan rekan satu tim Pascal Wehrlein mendapatkan satu poin, angka pertama untuk Manor, dengan duduk di posisi ke-10.

"Saya tidak (terpengaruh) sama sekali. Saat saya di lapangan, tak terpikirkan kondisi finansial atau kondisi ke depan. Manajemen berusaha keras agar saya dapat ikut sampai akhir balap ... dan tak hanya pada musim ini tapi juga musim-musim yang akan datang," kata Rio.

Rio juga mengatakan dari sisi pengembangan dan teknologi, Manor sebagai tim kecil tertinggal dibandingkan tim yang lain.

"Manor adalah tim yang kecil dengan 160 orang yang bekerja dibandingkan dengan Mercedes dengan sekitar 1.600 orang, jadi dari sisi development (pengembangan) dan teknologi, kita sedikit terbelakang. Kita terus berjuang ... semoga Manor bisa menandingi tim-tim lain dan bisa semakin besar." (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : BBC

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES