Peristiwa Nasional

38 Ribu Prajurit TNI Siap Amankan Idul Fitri 1437 H

Selasa, 05 Juli 2016 - 23:47 | 46.32k
Ilustrasi prajurit TNI (Foto: tni.mil.id)
Ilustrasi prajurit TNI (Foto: tni.mil.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 38.670 personel TNI disiagakan untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman dan gangguan saat Idul Fitri, sambil memperketat pengamanan internal markas satuan masing-masing. 

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan, sebagai langkah preventif dari ancaman teror bom bunuh diri yang marak terjadi, serta mengedepankan sinergitas TNI-Polri, TNI mengerahkan kekuatan sebanyak 2.110 Prajurit TNI di Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polri untuk pengamanan rangkaian Idul Fitri.

Selain itu, menyikapi potensi ancaman penerbangan dan bandara, TNI menyiapkan kekuatan sebanyak 3.179 prajurit di sejumlah bandara baik secara terbuka maupun tertutup. Dalam hal ini, TNI bekerjasama dengan Polri dan Pamdal Angkasa Pura Kementerian Perhubungan.

Secara khusus pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta, TNI memprioritaskan pengamanan dengan pengerahan kekuatan 650 personelnya.

Gatot juga memerintahkan seluruh jajaran intelijen dan komando kewilayahan meningkatkan pemantauan situasi wilayah. Hal ini dilakukan sebagai upaya konkrit mengedepankan cegah dan deteksi dini 

Komposisi kekuatan siap operasi pengamanan Idul Fitri untuk TNI AD adalah 2 SSY, 284 SSK, 101 SST, 5670 personel Kodam IV Diponegoro dan 1 tim Penerbad. Sedangkan kekuatan dari unsur TNI AL adalah 3 unit PKR, 6 unit KCR, 4 Patroli cepat, 2 LPD, 6 LST, 1 unit PR, 1 unit AT TBN, 2 unit Pesawat udara penerbal, 9 SSK, 4 tim Taifib dan 2 tim Denjaka. Sementara TNI AU mengerahkan 41 SSK dan 22 SST.

Personel TNI yang dikerahkan, dilengkapi dengan sarana dan prasarana baik persenjataan dan alutsista. Untuk komando dan pengendalian pengamanan bandara dikendalikan oleh Pangkoops AU I di Jakarta dan Pangkoops II di Makasar. Sedangkan pengamanan wilayah dan pangkalan dikendalikan oleh para Pangkotama operasi TNI dan Komandan Satuan masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TNI.Mil

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES