Peristiwa Daerah

Jonan Berangkatkan Pemudik Bus Gratis Tujuan Jateng

Sabtu, 02 Juli 2016 - 13:16 | 27.00k
Ilustrasi. Ribuan pemudik yang akan berangkat menggunakan bus secara gratis. (Foto: TIMESIndonesia)
Ilustrasi. Ribuan pemudik yang akan berangkat menggunakan bus secara gratis. (Foto: TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan pemudik yang menggunakan bus secara gratis berangkat hari ini. Mudik gratis dengan bus ini merupakan program Kementerian Perhubungan yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan melepas keberangkatan 15.580 pemudik. "Yang mudik gratis ini diutamakan untuk yang motornya diangkut ke kampung,” ujar Menteri Jonan, Sabtu (2/7/2016) di Taman Mini Indonesia Indah usai memberi sambutan dalam pelepasan mudik gratis.

Tercatat ada 12 ribu unit sepeda motor yang diangkut oleh truk dalam mudik gratis ini. Sementara, bus yang disediakan untuk mudik gratis sebanyak 324 unit.

Tujuan dari program mudik gratis Kemenhub ini untuk menekan angka kecelakaan pengguna sepeda motor. Makanya, progam ini sepaket dengan pengangkutan sepeda motor gratis.

Daerah yang menjadi tujuan mudik gratis ini, diantaranya Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Mudik gratis ini terbagi dua gelombang pemberangkatan, pagi dan siang hari.

Pada gelombang pagi, ada 200 bus yang mengangkut 9 ribu penumpang. Daerah tujuan mudik yakni Semarang (68 bus), Tegal (18 bus), Wonogiri (34 bus), dan Solo (79 bus).

Sedangkan gelombang kedua akan ada 124 bus yang mengangkut 5.580 penumpang. Daerah yang menjadi tujuan mudik yakni Wonosobo (14 bus), Yogyakarta (50 bus), Magelang (50 bus), Purwokerto (19 bus), dan Kebumen (22 bus).

Nantinya, tidak semua pemudik gratis ini akan kembali ke Jakarta dengan program kementerian ini, diperkirakan hanya 30 hingga 40 persen dari jumlah total keberangkatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES