Peristiwa Internasional Istanbul Diguncang Bom

Indonesia Mengecam Aksi Bom Bunuh Diri di Bandara Istambul

Rabu, 29 Juni 2016 - 10:23 | 40.21k
Bom Bunuh Diri di Bandara Istambul. (Foto: dunia.news.viva)
Bom Bunuh Diri di Bandara Istambul. (Foto: dunia.news.viva)
FOKUS

Istanbul Diguncang Bom

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengecam keras aksi bom bunuh diri di bandara Istanbul, Turki, pada Selasa (28/6/2016), yang hingga kini dilaporkan sudah menelan 31 korban jiwa. Namun, belum diketahui ada korban dari Warga Negara Indonesia (WNI).

Hingga kini, pemerintah Indonesia memang tak mendapatkan laporan warganya menjadi korban. Namun, pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri mengimbau warganya yang berada di Turki untuk terus waspada.

"Pemerintah kembali mengingatkan kepada seluruh WNI yang ada di Turki untuk jaga keamanan pribadi, meningkatkan kewaspadaan, menghindari tempat-tempat keramaian yang dapat menjadi target teror serta mengikuti arahan dan himbauan otoritas keamanan setempat," demikian kutipan pernyataan Kemlu melalui siaran pers, Rabu (29/6/2016).

Menurut data Kemlu, saat ini terdapat 728 WNI di Turki. Dari keseluruhan angka tersebut, 310 di antaranya merupakan mahasiswa dan sebagian lainnya merupakan pekerja di Turki.

"KJRI Istanbul telah menugaskan staf untuk memantau di Bandara Attaturk, berkoordinasi dengan otoritas setempat, berkoordinasi dengan masyarakat Indonesia di Istanbul dan melakukan penelusuran untuk mencari kemungkinan adanya WNI yang menjadi korban," tulis Kemlu.

Agar dapat berkoordinasi dengan baik, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Istanbul membuka layanan hotline pada nomor +905319831534 (Ibu Ida). Bagi kerabat di Indonesia yang ingin mengetahui perkembangan terakhir saudaranya di Turki dapat mengubungi +6281290070027.

Belakangan ini, Turki memang terus diguncang teror. Tak hanya di dekat perbatasan dengan Suriah, tapi juga di pusat kota besar.

Bom bunuh diri pada Selasa ini terjadi di bandara tersibuk ketiga di Eropa. Menurut laporan kepolisian Turki, dua orang pelaku bom bunuh diri itu awalnya melepaskan tembakan di dekat pos pemeriksaan di pintu masuk bandara.

Polisi pun berupaya menghentikan mereka. Namun sebelum berhasil dilumpuhkan, mereka meledakkan diri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : CNN News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES