Wisata

Wow, Liburan di Batu Bisa Sambil Belajar Budidaya Ikan Mas

Rabu, 29 Juni 2016 - 03:21 | 96.04k
Petugas Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Punten Kota Batu sedang memberi makan ikan mas Punten.(Foto: Galuh Pandu Larasati/BatuTIMES)
Petugas Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Punten Kota Batu sedang memberi makan ikan mas Punten.(Foto: Galuh Pandu Larasati/BatuTIMES)

TIMESINDONESIA, BATU – Ikan mas sebenarnya suka memakan telurnya sendiri. Itulah sebabnya, dalam budidaya ikan mas ada proses pemijahan ikan jantan dan ikan betina dalam kolam khusus. Fungsinya agar telur-telur bisa diamankan agar tidak dimakan induknya sebelum menetas.

Belajar beternak ikan seperti itu tengah digemari para siswa sekolah dan pengusaha muda. Tertarik? datang saja ke Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Tepatnya di Instalasi Budidaya Air Tawar (IBAT) Punten Kota Batu.

Selain untuk pembibitan ikan, tempat ini juga seringkali dijadikan lokasi penelitian, ikan, dan edukasi budidaya ikan air tawar.

Budi Setyono, Kepala Instalasi Budidaya Air Tawar Punten mengatakan, usia kematangan reproduksi ikan betina 1,5 tahun. Sedangkan usia kematangan reproduksi ikan jantan lebih cepat, yakni 8 bulan.

Saat dikawinkan perbandingannya satu banding dua alias dua ekor ikan jantan dan satu ekor ikan betina.

Perbandingan itu dilakukan agar betina bisa menghasilkan lebih banyak telur yang telah dibuahi. Sekali bertelur ikan betina bisa menghasilkan sampai 80 ribu butir.

”Proses bertelurnya hanya semalam. Dari 80 ribu telur, biasanya hanya 80 persen yang menetas dan hidup. Perkawinan dilakukan 1-3 kali sebulan," terang Budi.

Bila dikalikan dengan jumlah indukan ikan yang ada, hasil benihnya bisa mencapai ratusan ribu benih ikan. Meski jumlahnya fantastis, benih-benih ikan ini selalu habis dibeli konsumen.

Proses pembenihan itu berlangsung terus karena ikan mas bisa hidup sampai usia 15 tahun dan produktif bertelur.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES