Peristiwa Nasional

Senin Depan, Sidang Itsbat Idul Fitri 1437 H Digelar

Selasa, 28 Juni 2016 - 16:06 | 46.66k
Ilustrasi pengamatan rukyatul hilal (Foto: kemenag)
Ilustrasi pengamatan rukyatul hilal (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang itsbat atau penetapan 1 Syawal 1437 H pada Senin (4/7/2016) mendatang.

"Sidang itsbat awal Syawal tahun ini akan dilaksanakan pada Senin, 4 Juli 2016, di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Muhammad Thambrin.

Thambrin menjelaskan jika sidang itsbat nanti akan dihadiri Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu, bakal hadir juga wakil Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," papar Thambrin.

Menurutnya, sidang itsbat akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437H. Setelah itu, dilanjutkan agenda utama sidang itsbat yang dijadwalkan akan berlangsung selepas shalat Maghrib.

Thambrin menambahkan jika sidang itsbat nanti akan berlangsung tertutup sebagaimana itsbat awal Ramadhan lalu. Namun hasilnya akan disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers yang akan digelar setelah sidang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES