Pendidikan

Ratusan Calon Siswa Tak Lolos Tes di Sekolah Unggulan

Senin, 27 Juni 2016 - 16:39 | 119.22k
Ratusan calon siswa melihat pengumuman tes ujian masuk di SMAN 2 Lamongan. (Foto : Ardiyanto/TimesIndonesia)
Ratusan calon siswa melihat pengumuman tes ujian masuk di SMAN 2 Lamongan. (Foto : Ardiyanto/TimesIndonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Beberapa calon siswa dari ragusan siswa setingkat SMP dan SMA menangis meratapi kegagalannya, karena tidak lolos tes ujian masuk di sekolah unggulan, sehingga harus mencari sekolah lain. 

Empat sekolah unggulan di Kabupaten Lamongan yang hari ini mengumumkan hasil tes ujian masuk sekolah seperti SMPN 1, SMPN 2, SMAN 1 dan SMAN 2 Lamongan. 

"Yang mendaftar di SMP 2 ini ada 508, sementara untuk pagu 340 yang dibagi dalam sepuluh kelas," ungkap Fuad Efendi, Kepala Sekolah SMPN 2 Lamongan.

Bagi calon siswa yang lolos tes, mereka di wajibkan untuk mendaftar ulang. "Untuk yang lolos pendaftaranya mulai tanggal 21 sampai 23," tambah Fuad.

Sementara di sisi lain, untuk pendaftaran sekolah tanpa tes, atau yang berpatokan ada nilai Ujian Nasional (UN) yang mulai hari ini Senin (27/6/2016), jumlah calon siswa yang mendaftar masih sepi peminat. 

"Untuk hari pertama ini, sejak dibuka jam 7.30 masih sekitar seratus pendaftar, karena sebagian besar masih menunggu pengumuman tes di SMPN 1 dan SMPN 2 Lamongan, yang baru diumumkan," ungkap Kepala Sekolah SMPN 4 Lamongan, M. Ubaidillah Ma’sum. 

Lebih lanjut, Ubaid menuturkan, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, pagu akan terpenuhi pada hari kedua atau hari ketiga pendaftaran. "Biasanya, pendaftar mulai banyak pada hari kedua," jelasnya. 

Namun kondisi berbeda terjadi di SMKN 1 Lamongan, walau tak termasuk dalam kategori sekolah unggulan, tetapi calon yang mendaftar di sekolah kejuruan tersebut cukup banyak. "Pendaftar di hari pertama ini sudah ada sekitar 360 calon siswa. Pagunya ada 500," aku Ahmadi Wakil Kepala (Waka) kesiswaan SMKN 1 Lamongan.

Ahmadi menjelaskan, untuk seleksi masuk di SMKN 1 Lamongan juga menggunakan tes seperti halnya tes masuk di sekolah unggulan, namun tes yang di jalani meliputi tes wawancara dan tes kemampuan akademik. "Untuk yang daftar sekarang, tesnya besok. Kalau yang daftar besok, tesnya lusa. Kan kita pakai tes online," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES