Peristiwa Daerah

Menjelang Idu Fitri, Warga Lamongan Mulai Serbu Pasar

Senin, 27 Juni 2016 - 13:07 | 124.40k
Pasar Tingkat Lamongan penuh sesak oleh warga yang berburu pakaian Lebaran, Senin (27/6/2016). (Foto : Ardiyanto/TimesIndonesia)
Pasar Tingkat Lamongan penuh sesak oleh warga yang berburu pakaian Lebaran, Senin (27/6/2016). (Foto : Ardiyanto/TimesIndonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Tak terasa puasa Ramadhan sudah 22 hari di lalui oleh umat muslim se-dunia. Beragam persiapan dilakukan demi menyambut hari raya Idul Fitri yang tak bisa dilepaskan dari tradisi umat muslim di Indonesia.

Lantas tradisi apa yang paling di nantikan anak - anak, remaja hingga orang tua menjelang Idul Fitri tiba? Jawabannya tak lepas dari pakaian baru. Ya, kecenderungan warga muslim di Indonesia 'mentradisi' baju baru di hari Lebaran. 

Para orang tua di wilayah Kabupaten Lamongan kini sibuk memburu kebutuhan pakaian Lebaran bagi seluruh anggota keluarganya. Maka, berbagai tempat perbelanjaan yang menyediakan busana muslim di serbu pembeli, seperti di Plaza Lamongan atau yabg lebih di kenal dengan Pasar Tingkat. 

Pasar yang teletak di sebelah utara Masjid Agung Lamongan tersebut di sesaki warga yang berburu baju Lebaran.

"Beli baju buat lebaran mas, ya kurang lengkap saja kalau enggak pakai baju baru," ucap satu diantara sekian banyak pengunjung, Hernik, Senin (27/6/2016).

Tingginya minat warga mengenakan pakaian serba baru di hari raya Idul Fitri tentu menjadi berkah tersendiri bagi para penjual pakaian.

"Pasti mas, setiap bulan ramadhan pasti ada peningkatan (pendapatan, red)" kata pedagang pakaian di Pasar Tingkat, Abdul Rahman.

Lebih lanjut, pria asal Kelurahan Tlogoanyar, Kecamatan/Kota Lamongan mengaku pendapatan yang di kantonginya di setiap bulan Ramadhan menglami peningkatan hingga 100 persen.

"Misalnya hari biasa dapat satu juta, kalau Ramadhan dapat dua juta," sambung Rahman. 

Rahman mengatakan, warga Lamongan mulai ramai-ramai menyerbu pasar sejak memasuki pekan ketiga bulam Ramadhan.

"Kalau buka-nya masih tetap, tapi tutupnya lebih lama. Biasanya jam 13:30 sudah tutup sekarang jam 14:30," bebernya.

Rahman membeberkan, di Ramadhan tahun 2016 ini, ada beberapa busana muslim yang banyak diburu pembeli alias paling banyak di sukai.

"Sekarang yang lagi musim itu baju seperti Tunik Muslimah, gamis Syar’i, sama Ombre," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES