Peristiwa Daerah

Kasus Penyakit Kusta Ditemukan di Sungai Ambawang

Senin, 27 Juni 2016 - 04:28 | 68.26k
Ilustrasi (Foto: kompas)
Ilustrasi (Foto: kompas)

TIMESINDONESIA, PONTIANAK – Kasus penyakit lepra atau kusta kembali ditemukan di wilayah Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantam Barat.

Kepala Puskesmas Sungai Ambawang, Thomas kepada PONTIANAKTIMES Minggu (26/6/2016) menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi terkait penanganan dua warga yang dinyatakan menderita penyakit tersebut. “Ini sangat-sangat jadi prioritas utama untuk di selesaikan,” ujarnya.

Thomas menjelaskan, penyakit kusta adalah penyakit kelainan saraf yang harus cepat diobati. Jika terlambat ditangani, maka bisa merusak jaringan saraf  dan mengakibatkan kecacatan pada anggota tubuh.

“Penyebab ini bermula dari prilaku hidup tidak sehat. Kotor tidak menjaga kesehatan, imunnya lemah. Tapi dengan pengobatan bisa sembuh total,” kata Thomas.

Untuk ciri-ciri awal lanjut Thomas yang merupakan dokter gigi menyebutkan terjadi bercak putih pada kulit, seperti panu di sekujur tubuh. Dibagian tertenu tidak terasa. Orang itu tidak mudah berkeringat serta sering kesemutan. Sebaiknya jika sudah terjadi seperti itu segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit.

“Pengobatannya seratus persen gratis. Karena ini masuk dalam program nasional. Ada program pengobatannya dengan meminum obat tanpa putus. Jika putus maka harus diulang kembali,” tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Pontianak TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES