Peristiwa Nasional

Jelang H-7 Jalur Pantura Jabar Siap 95 Persen

Jumat, 24 Juni 2016 - 15:44 | 37.61k
Ilustrasi. Jalur Pantura. (Foto: Dok TimesIndonesia)
Ilustrasi. Jalur Pantura. (Foto: Dok TimesIndonesia)

TIMESINDONESIA, SUBANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan kondisi jalan Pantai Utara (Pantura) di wilayah Jawa Barat sepanjang 298 kilometer (km) saat ini telah siap 95 persen untuk digunakan arus mudik Lebaran 2016.

"Secara umum ruas jalan nasional Pantura Jabar siap menyambut angkutan Lebaran 2016. Kondisi mantap 95 persen," kata Yuliansyah, kepala Satuan Kerja (Kasatker) wilayah I Jawa Barat Balai Besar pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN IV) Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR-T dalam Press Tour Pantauan Jalan Nasional Jelang Mudik 2016 di Subang, Jumat (24/6/2016).

Menurutnya, jalan Pantura Jabar merupakan jalan nasional yang melintang antara Karawang Barat hingga Losari, perbatasan Jabar-Jateng sepanjang 298 km. Jalan pantura ini memiliki empat lajur, masing-masing dua lajur arah yang berlawanan dan dibatasi median pada bagian tengah.

Yuliansah, menjelaskan meski kondisi sudah siap 95 persen, beberapa titik ruas jalan masih terdapat kondisi  jalan yang berlubang, tidak rata, retak bahkan bergelombang seperti di daerah Ciasem, Subang, Karangsinom, Kandanghaur, dan beberapa titik lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Yuliansah memastikan jalan berlubang tersebut akan segera ditambal oleh petugas setiap harinya hingga H-7 mendatang.

Sementara itu, terkait perkiraan trafik lalu lintas pada angkutan lebaran 2016, Yuliansyah menyebut, tren pengguna lalu lintas di ruas ini turun sekitar 50-60 persen sejak beroperasinya Tol Cikampek-Palimanan setahun lalu. Angkutan berat yang sebelumnya melintasi ruas jalan ini  beralih sekitar 70 persen ke Tol Cipali.

"Jika tahun-tahun sebelum adanya Tol Cipali lalu lintas hariannya bisa mencapai 35-55 ribu kendaraan per hari, kini sudah tinggal separuhnya," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES