Peristiwa Nasional

Guncangan Kuat, Gempa Dirasakan Warga di Kalbar

Jumat, 24 Juni 2016 - 11:49 | 37.08k
Ilustras gempa. (Foto:rismanews)
Ilustras gempa. (Foto:rismanews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gempa bumi tektonik 5 SR yang terjadi Jumat (24/6/2016) pukul 7:41:36 WIB mengguncang kuat daerah Kandawangan, Ketapang, Kalimantan Barat. Warga setempat merasakannya hingga lari berhamburan keluar rumah.

Informasi dari BMKG melalui akun twitter @infoBMKG, episenter gempa terletak pada  koordinat 2,61 Lintang Selatan dan 110,19 Bujur Timur, tepatnya di darat pada jarak sekitar 10 kilometer arah barat daya Kota Kandawangan, Ketapang, Kalimantan Barat, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Menurut keterangan Daryono, selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, dalam rilisnya,‎ wilayah terdampak gempa bumi di Kota Kandawangan dan sekitarnya mengalami guncangan pada skala intensitas V-VI MMI (III SIG-BMKG).

Getaran dirasakan semua penduduk dan kebanyakan orang terkejut dan lari keluar. Kerusakan ringan pada bangunan rumah dapat terjadi. 

Diinformasikannya, banyak warga setempat panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Terjadi kerusakan ringan pada beberapa bangunan rumah di Kandawangan sebagai dampak gempa bumi ini.

Pantauan BMKG, lanjutnya, sudah terjadi satu kali gempa bumi susulan. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat Kandawangan dan sekitarnya agar tetap tenang sambil mengikuti arahan BPBD setempat dan BMKG.

"Jangan terpancing isu karena ‎gempabumi susulan yang terjadi kekuatan semakin kecil dan tidak ada potensi akan terjadinya gempabumi yang lebih besar," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES