Peristiwa Nasional

Menkominfo: TIK Harus Berdampak pada Ekonomi Rakyat

Jumat, 24 Juni 2016 - 07:12 | 69.37k
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.(Foto: detik)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.(Foto: detik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teknologi informasi dan komunikasi harus memberikan dampak dan nilai tambah bagi pemberdayaan ekonomi kerakyatan, hal itu dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

"Mainingless, apabila teknologi dalam hal internet, penyiaran atau telekomunikasi, hanya dipakai untuk teknologi itu semata-mata, akan tetapi apa yang bisa diberikan. Apa dampak dari teknologi tersebut, yaitu memberdayakan ekonomi rakyat," ujar Rudiantara.

Oleh karena itu, Menteri Rudiantara selalu berupaya mendorong stakeholders di bidang komunikasi dan informatika untuk selalu dapat bekerjasma mendorong pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Saya selalu menghimbau untuk tidak boleh ego sektoral. Jangan mentang-mentang menjadi regulator di bidang Kominfo," tegasnya seperti dikutip dari laman Kementerian. Jumat, (24/6/2016).

Bagi Rudiantara, keberhasilan pembangunan bidang kominfo dapat dilihat dari manfaat yang dapat diterima oleh berbagai pihak.

"Kita bisa memberikan nilai tambah kalau kita bisa memposisikan diri menjadi enabler dari pertumbuhan ekonomi. Apakah itu nantinya bisa dipakai swasta, BUMN, koperasi, perusahaan besar ataukah UMKM. Kalau sudah bisa menjadi enabler, kita baru boleh bangga," tuturnya.

Merujuk pada masalah transportasi umum berbasis aplikasi, Menkominfo memaparkan kompleksitas permasalah pemanfaatan TIK bagi pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Yang bisa saya sampaikan bahwa sebagai Menkominfo tugas saya tidak sekadar mengurusi teknologinya. Hal itu terlalu ego sektoral, akan tetapi justru saya mendukung trasportasi ini menjadi anggota koperasi, agar nantinya Pemerintah bisa men-treat jasa ini menjadi UKM, sehingga bisa entitled mendapatkan KUR," paparnya.

Ditambahkan Menkominfo untuk mendorong UKM memasuki fase teknologi digital, Kementerian Kominfo  memberikan satu juta domain gratis dot.id bagi UMKM dan akan diberikan hosting gratis oleh Kementerian Kominfo dalam tahun pertama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES