Peristiwa Nasional

Sumenep Jadi Pusat Sekolah Pilot di Indonesia

Kamis, 23 Juni 2016 - 16:48 | 57.77k
Lounge Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia. (Foto: kaskus)
Lounge Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia. (Foto: kaskus)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Empat sekolah penerbang memanfaatkan Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, sebagai lokasi latih terbang pesawat bagi siswanya.

Empat sekolah penerbang yang telah memanfaatkan Bandara Tronojoyo itu adalah Merpati Pilot School, Trans Asia Pacific Aviation Training (TAPAT) Pilot School, Balai Pendidikan Pelatihan Penerbangan (BP3) Banyuwangi, dan Global Aviation School.

"Pada tahun ini kemungkinan besar akan ada sekolah penerbang lagi yang akan memanfaatkan Bandara Trunojoyo. Manajemen sekolah penerbang itu telah berkomunikasi dengan kami tentang keinginan memanfaatkan Bandara Trunojoyo," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Kamis (23/6/2016).

Ia menjelaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memang mendorong Bandara Trunojoyo menjadi pusat latih terbang pesawat.

Fasilitas di Bandara Trunojoyo telah memenuhi syarat sebagai lokasi latih terbang pesawat dan lalu lintas udara atau frekuensi penerbangan pesawat belum padat.

"Ini peluang bagi kami supaya pemanfaatan Bandara Trunojoyo bisa maksimal. Saat ini, Bandara Trunojoyo memiliki tujuh area atau jalur penerbangan untuk latih terbang pesawat," ujarnya.

Wahyu juga mengemukakan, pada tahun ini, Kemenhub mengembangkan fasilitas Bandara Trunojoyo berupa program perpanjangan dan pelebaran landas pacu dan pembangunan pelataran parkir pesawat.

"Pembangunan pelataran parkir pesawat itu akan membuat daya tampung parkir pesawat di Bandara Trunojoyo makin banyak. Kalau nantinya ada sekolah penerbang lagi yang berminat memanfaatkan Bandara Trunojoyo, itu masih memungkinkan," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES