Peristiwa Bondowoso Republik Kopi

Amin Said: 'Bondowoso Republik Kopi' Jadi Ikon Bondowoso

Kamis, 23 Juni 2016 - 01:24 | 100.50k
Bupati Bondowoso, AMin Said (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso, AMin Said (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, bakal segera memiliki logo baru yang bakal menjadi ciri khas dan penanda daerah yang kaya akan kopi.

Logo baru yang akan segera diluncurkan itu tidak akan menggantikan lambang daerah bertuliskan 'Swasti Bhuwana Krta'.

Tapi, logo itu akan menjadi brand atau merek baru bagi ikon Kabupaten Bondowoso sebagai daerah penghasil kopi yang sudah berhasil bersaing di dunia internasional.

Kabupaten yang diapit dua kota, yakni Kabupaten Situbondo dan Jember itu, bakal punya nama baru yakni 'Bondowoso Republik Kopi'. "Bondowoso Republik Kopi Jadi Ikon Bondowoso", katanya.

Sebenarnya, 'merek' tersebut sudah diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso pada 22 Mei 2016 lalu di kawasan Gunung Ijen, yang bertepatan dengan event Festival Ijen.

Saat itu, deklarasi "Bondowoso Republik Kopi", bertujuan untuk mengenalkan Kabupaten Bondowoso sebagai penghasil kopi terbaik berkualitas ekspor di Indonesia. Daerah ini memang dikenal sebagai penghasil kopi sejak zaman Belanda.‎

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni menyatakan bahwa nama "Bondowoso Republik Kopi" adalah milik Kabupaten Bondowoso.

"Di suatu daerah ada nama republik kopi, tapi huruf u (pada kata republik) diganti dengan huruf v, dan itu menjadi nama warung kopi," ujar Amin Said saat ditemui TIMES Indonesia, di pendapa Kabupaten Bondowoso, Rabu (22/6/2016).

Langkah selanjutnya kata Amin Said adalah mematenkan nama "Bondowoso Republik Kopi". Amin juga akan mengambil langkah cepat untuk segera mengajukan nama "Bondowoso Republik Kopi" untuk dipatenkan.

Jika sudah dipatenkan, maka sudah sah dan resmi nama "Bondowoso Republik Kopi" menjadi hak milik Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

"Kalau sudah dipatenkan, daerah lain atau pihak lain, tidak bisa mengklaim bahwa "Bondowoso Republik Kopi" adalah miliknya atau karyanya," katanya.

Terkait branding berbentuk logo, Amin Said berharap terpenuhinya kriteria sebuah logo. "Kriteria logo yang bagus itu s‎impel, mudah diingat, mudah direproduksi, dan bernilai artistik," tandasnya singkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES