Peristiwa Daerah

Jalur Mudik Sejumlah Pulau di Indonesia Siap Dilalui

Selasa, 21 Juni 2016 - 09:11 | 23.83k
Ilustrasi. Jalur Mudik. (Foto: Dok Times Indonesia)
Ilustrasi. Jalur Mudik. (Foto: Dok Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang mudik Lebaran 2016, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) memastikan jalur yang dilalui pemudik di sejumlah pulau di Indonesia, telah siap dilalui.

Menpupera, Basuki Hadimuljono menyampaikan, secara umum kondisi sejumlah jalan di sejumlah wilayah telah siap dilalui pemudik saat arus Lebaran 2016.

"Jalan di Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) secara umum siap dilalui pemudik," ujar Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2016), dilansir dari laman resmi pu.go.id.

Berbagai upaya dilakukan Kemenupera menyambut arus mudik dan balik Lebaran, mulai koordinasi lintas sektor hingga menerjunkan jajarannya untuk inspeksi dan meninjau langsung ke seluruh ruas jalan yang siap dilalui pemudik.‎

Koordinasi dilakukan dengan Korlantas Polri dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Untuk menerjukan jajarannya, Basuki mengeluarkan Instruksi Menteri (Inmen) agar seluruh pejabat eselon 1 dan 2 di Kemenpupera turun langsung ke ruas jalan Sumatra, Jawa, Bali, Sulsel, dan Kalsel.

Basuki menyampaikan, peninjauan harus sudah dilakukan jauh hari agar ada kesempatan untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan apabila terjadi kerusakan atau hal riskan.‎

Hasil tinjauan lapangan, panjang infrastruktur jalan dan jembatan di Sumatra 7961 kilometer dan 42,7 kilometer jalan tol. Untuk jalan di Jawa-Bali sepanjang 7.164 kilometer dan 668 kilometer jalan tol. Sedangkan di Sulsel dan Kalsel terdapat jalan sepanjang 2482 kilometer yang siap dilalui saat arus mudik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES