Peristiwa Daerah

Potensi 1,2 T Dollar AS per Tahun, Masa Depan Indonesia Ada di Laut

Rabu, 15 Juni 2016 - 21:17 | 57.06k
Laut Indonesia (Foto: nusantaranews)
Laut Indonesia (Foto: nusantaranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Potensi kekayaan laut Indonesia sangat besar karena 70 persen wilayahnya adalah laut. Potensi ini akan membuat Indonesia kaya jika mampu menjaga dan memanfaatkannya.

Untuk itu, Presiden RI Joko Widodo akan mempercepat pembangunan kelautan. Jokowi optimis pada masa depan Bangsa Indonesia ada di laut.

"Kita yakin masa depan kita ada di laut. Kita akan menjadi negara besar kalau bisa menjaga dan memanfaatkan potensi laut yang sangat besar," ujar Jokowi saat rapat kerja terbatas, Rabu (15/6/2016) di Kantor Presiden, Jakarta.

Menurutnya, sektor kelautan bisa menjadi penggerak ekonomi Indonesia. Jokowi membandingkan dengan negara yang maju pada sektor ekonomi kelautan. Jepang misalnya, mampu menyumbang 45,8 persen PDB (Pendapatan Domestik Bruto) atau sebesar 17500 miliar dollar AS. Begitupun Thailand yang mampu menyumbang 212 miliar dollar AS dengan mengoptimalkan 2800 kilometer garis pantainya.

Indonesia yang memiliki luas wilayah laut mencapai 70 persen, dengan panjang garis pantai mencapai 99 ribu kilometer, sektor kelautan baru berkontribusi di bawah 30 persen terhadap PDB.

Jokowi menginformasikan, potensi Indonesia di sektor ekonomi kelautan sebesar 1,2 triliun dollar AS setiap tahun. Dari sana, potensi tenaga kerja bisa terserap sebanyak 40 juta orang.

Maka, ia menginginkan kebijakan pembangunan kelautan Indonesia mampu mengkonsolidasikan seluruh program, agar terarah dan tepat sasaran. "Kebijakan pembangunan kelautan ini nantinya harus menjadi acuan dan pedoman dalam pengelolaan potensi kelautan kita," tegasnya.

Disampaikan pula, kebijakan tidak hanya bagus di atas kertas namun, benar benar berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan nelayan dan rakyat Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES