Kuliner

Buka Bersama di Gresik? Jangan Lupa Makanan Ini

Rabu, 08 Juni 2016 - 17:12 | 115.30k
Zuhrotul Mahsuna Sahara saat memamerkan makanan Entoot Sewu. (Foto: Hamzah/ GresikTIMES)
Zuhrotul Mahsuna Sahara saat memamerkan makanan Entoot Sewu. (Foto: Hamzah/ GresikTIMES)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Banyak pilihan makanan yang bisa dinikmati warga di Kabupaten Gresik, jelang berbuka puasa. Dan salah satu makanan khas yang terbaru itu adalah, Entoot Sewu.

Bahan Entoot Sewu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan khas Gresik yang sudah ada, Nasi Krawu.

Di mana nama tersebut didapatkan, lantaran makanan tersebut menggunakan lauk utama dari jantung buah pisang, atau yang dalam bahasa Jawa biasa dikenal dengan sebutan Entoot.

“Selain terbuat dari lauk jantung pisang atau Entoot, makanan ini juga dipadu dengan srundeng kelapa, daging sapi, tepung panir, dan juga pastinya nasi putih,” ungkap salah satu pedagang Entoot Sewu Zuhrotul Mahsuna Sahara, Rabu (8/6/2016).

Dalam beberapa hari di Bulan Ramadhan yang sudah berlangsung, kuliner ini biasa terlihat dijajakan di sepanjang jalan KH Sahlan, Kecamatan Manyar, Gresik. Dengan waktu dipasarkan, hanya menjelang waktu berbuka puasa.

“Sementara untuk proses pembuatannya juga terbilang cepat kok, karena hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 1 jam,” jelasnya.

Zuhrotul lantas menceritakan cara pembuatan Entoot Sewu. Di mana jantung pisang awalnya diberi bumbu dan disangrai hingga kering, kemudian dicampur dengan daging sapi sebagai bahan isian.

Setelah itu, baru kemudian siapkan nasi putih sekepal lalu pipihkan. Taruh jantung pisang yang sudah bercampur daging ke atas nasi yang sudah dipipihkan.

Di mana langkah selanjutnya adalah, menutup isian dengan nasi putih dengan bentuk membola yang lantas ditaburi rata dengan tepung panir atau tepung roti.

“Baru kalau sudah jadi, goreng bola Entoot Sewu dalam minyak panas lalu tiriskan. Bumbui sendiri sambel terasi atau saus mayones, sesuai dengan selera masing-masing,” bebernya.

Salah satu penggemar kuliner Ramadhan Aulia Adetya (24), mengaku tertarik dengan jajanan Entoot Sewu. Ia pun lantas membeli beberapa bungkus Entoot Sewu untuk berbuka puasa, lantaran dianggap unik dan berbeda dengan makanan yang lain.

“Untuk harga Entoot Sewu sendiri cuma Rp5 ribu per biji. Sementara satu pak Rp20 ribu, sudah berisi empat Entoot Sewu. Ini makanan, sepertinya pas banget untuk buka puasa,” tutur Aulia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES