Peristiwa Daerah

Gandeng PTPN, BNI Kucurkan KUR untuk Petani Tebu

Jumat, 03 Juni 2016 - 18:28 | 36.37k
Ilustrasi para petani tebu. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi para petani tebu. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Dalam rangka mendukung usaha para petani tebu, yang ada di Jawa Timur (Jatim), Bank Negara Indonesia (BNI) bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN), menguncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Melalui Bank BNI Wilayah Surabaya, bank milik pemerintah ini menandatangi kerjasama dengan PTPN XI, PTPN X, dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), untuk meningkatkan repayment capacity petani dalam rangka mendapatkan pembiayaan KUR.

“Faktor utama yang harus diperhatikan ketika menyalurkan kredit adalah, repayment capacity. Khususnya untuk kredit di sektor pertanian, yang resikonya cukup tinggi," ungkap CEO BNI Wilayah Surabaya, Risang Widoyoko, Jumat (3/6/2016).

Dengan adanya kerjasama dengan PTPN, lanjut Risang, repayment capacity dari petani akan meningkat karena ada kepastian pembelian hasil panen.

Sementara BNI akan meyalurkan KUR ke banyak petani tebu, di mana PTPN XI, PTPN X, dan PT RNI, akan bertindak sebagai penjamin off taker atau pembeli hasil panen petani.

“Penyaluran KUR dari BNI nantinya, akan menggunakan pola linkage-executing. Di mana kredit akan disalurkan kepada para petani tebu, melalui koperasi atau lembaga linkage di bawah binaan kedua PTPN dan PT RNI,” jelasnya.

Total KUR yang disalurkan BNI wilayah Surabaya untuk petani tebu di Jatim, mencapai Rp 494 miliar. Jumlah ini terbagi menjadi Rp 130 miliar untuk petani di bawah PTP X, senilai Rp 184 miliar untuk PTPN XI, dan PT RNI sebesar Rp 180 miliar.

“Pembiayaan KUR yang disiapkan oleh BNI, jelas akan membantu petani untuk berproduksi. Termasuk, bagi para petani tebu yang ada di wilayah PTPN XI,” ujar Direktur Keuangan PTPN XI, Anang Abdul Qoyyum.

Ia pun menyatakan, jika kebutuhan kredit petani tebu di wilayahnya mencapai Rp 800 miliar. Di mana selain BNI, PTPN XI juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa bank lain, untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan dana petani dalam berproduksi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES