Peristiwa Daerah

Bupati Malang Resmikan Agrowisata Sapi Perah

Rabu, 01 Juni 2016 - 20:17 | 105.32k
Bupati Malang Rendra Kresna minum susu bersama siswa-siswi SD Gubugklakah, Poncokusumo sebagai penanda diresmikannya Agrowisata Sapi Perah Nusa Pelangi (Foto :Hafiz /MalangTIMES)
Bupati Malang Rendra Kresna minum susu bersama siswa-siswi SD Gubugklakah, Poncokusumo sebagai penanda diresmikannya Agrowisata Sapi Perah Nusa Pelangi (Foto :Hafiz /MalangTIMES)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bertepatan dengan momen Hari Susu Nasional, Pemerintah Kabupaten Malang meresmikan Agrowisata Sapi Perah yang diberi nama Nusa Pelangi di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Rabu (1/6/2016). 

Diawali dengan minum susu bersama, acara yang dihadiri langsung Bupati Malang, Rendra Kresna itu juga menyita perhatian wisatawan yang hendak berwisata ke Gunung Bromo. 

Sementara itu, Mengusung konsep wisata edukasi, Agrowisata bentuk Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kabupaten Malang ini, ditujukan sebagai penunjang keberadaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai destinasi wisata andalan nasional. 

Di dalam Nusa Pelangi sendiri, wisatawan bisa belajar tentang budidaya sapi, proses pemerahan susu, pengolahan susu hasil perahan, pembuatan biogas kotoran ternak, hingga pupuk organik. 

Tidak hanya itu saja, agrowisata sapi perah yang berdiri di atas lahan 3000 meter persegi ini juga menyuguhkan fasilitas pendukung lain seperti food court dan rest area. 

Kepala Disnak Keswan Kabupaten Malang, Sudjono mengatakan program ini merupakan hibah dari Pemkab Malang kepada kelompok peternak setempat dan menyedot anggaran dana dari pemerintah pusat, senilai Rp 4 miliar.

"Hal ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, karena proses pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya pada kelompok peternak," tandasnya. 

Terpisah, Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan keberadaan agrowisata Nusa Pelangi ini ditujukan untuk mendukung kepariwisataan di Kabupaten Malang.

Apalagi kata Rendra, Gubug Klakah sudah dikenal di Indonesia, sebagai salah satu desa wisata terbaik. 

Rendra berharap dengan adanya Nusa Pelangi tersebut , bisa menjadi tempat edukasi masyarakat utamanya pelajar, mulai bagaimana susu itu diperah, sampai dibuat berbagai macam olahan susu segar, maupun susu pasteurisasi.

 "Nanti anak-anak akan tahu bagaimana susu itu diproduksi. Hal ini pun sebagai upaya menggalakkan gemar minum susu bagi masyarakat Kabupaten Malang," tukasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES