Politik

GP Ansor Malang Gelar Apel Kesetiaan Pancasila

Selasa, 31 Mei 2016 - 20:53 | 73.27k
ilustrasi logo GP Ansor (Foto: infobmr.)
ilustrasi logo GP Ansor (Foto: infobmr.)

TIMESINDONESIA, MALANG – Memperingati Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada 1 Juni, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang akan menggelar Apel Kesetiaan kepada Pancasila dan NKRI.

Acara tersebut dilaksanakan sesuai instruksi dari PP GP Ansor. Seluruh Cabang GP Ansor  di Indonesia akan serentak melaksanakan apel tersebut.

Menurut Sekretaris GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul A Syadad, selain melaksanakan Apel Kesetiaan Pancasila, sekaligus juga dalam rangka memperingati Hari lahir Pancasila yang beberapa bulan lalu dalam acara Harlah NU ke 93 di Pasuruan, secara resmi PBNU mengajukan kepada pemerintah untuk menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

"Kegiatan ini juga menegaskan bahwa GP Ansor akan selalu menjadi garda terdepan terhadap siapapun yang akan mengusik ideologi bangsa Indonesia yakni Pancasila," jelas Husnul.

Bahwa kemudian ada pihak-pihak yang akan mengganti Pancasila tegasnya, maka akan berhadapan dengan GP Ansor.

"Hal ini dilakukan oleh GP Ansor berdasarkan hasil Muktamar NU di Situbondo, bahwa NU menerima azas dan ideologi Pancasila," tegasnya.

Hal tersebut merupakan amanah dari para ulama yang harus dijaga dan dipertahankan dan sampai saat ini. "Keputusan ulama NU itu belum dicabut. Dan Pancasila merupakan ideologi yang lahir dari rahim budaya, karakter dan sikap orang pribumi Nusantara," katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, bahwa kegiatan Apel Kesetiaan Pancasila dan NKRI itu akan dilaksanakan di depan gedung Centra Niaga Ansor Kabupaten Malang, pada 1 Juni 2016.

"Apel akan dimulai pukul 08.00 WIB. Apel itu akan dihadiri minimal 1000 personal Banser se-Kabupaten Malang," katanya.

Dalam apel itu juga akan dibacakan "Ikrar Kesetiaan kepala Pancasila". Kemudian akan dilanjutkan dengan konvoi menuju Mapolres MAlang, gedung dewan dan kantor Bupati Malang.

"Mendatangi beberapa lembaga pemerintah itu, dalam rangka menyerahkan pernyataan sikap GP Ansor bersama beberapa elemen terkait, soal penetapan 1 Juni menjadi Hari Lahir Pancasila dan Kesetiaan terhadap NKRI," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES