Pendidikan

Nilai Kelulusan Siswa SMA/SMK di NTT Masih Rendah

Selasa, 10 Mei 2016 - 11:20 | 48.24k
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Sinum Piter Manuk.(Foto: Mohammad Habibudin/KupangTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Sinum Piter Manuk.(Foto: Mohammad Habibudin/KupangTIMES)

TIMESINDONESIA, KUPANG – Hasil Ujian Nasional (UN) siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), di Nusa Tenggara Timur (NTT), di tahun 2016, mayoritas nilai kelulusannya rendah.

“Ini sangat memprihatinkan kalau mayoritas kelulusan siswa dengan nilai rendah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Sinum Piter Manuk, Selasa (10/5/2016)

Piter juga mengaku heran pada saat pengumuman Hasil Ujian Nasional (UN) Sabtu (7/5) lalu, bahwa kelulusan siswa SMA/SMK dengan nilai rendah.

Jika skor nilai yang ditetapkan 0-100, namun siswa di NTT yang lulus didominasi dengan skor 50-60 “Wah, nilai itu sangat rendah,” katanya

Lanjut Piter, hal ini sudah ditempuh berbagai cara untuk meningkatkan kualitas kelulusan para siswa seperti kreasi dan mutu belajar termasuk alokasi dana APBD dan APBN “Nah,, ini salah siapa?,” kesalnya.

Piter menambahkan, nilai rata-rata UN SMA/SMK di NTT tahun 2016 di NTT 40-60 sedangkan SMK nilai rata-rata 52,9.

“Saya duga banyak faktor nilai siswa rendah karna dipengaruhi minimnya perpustakan dan laboratorium sehingga nilai UN siswa rendah,” terangnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Sumber : Kupang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES