Peristiwa Nasional

Kawal Bebas Visa, Menko Rizal Sidak Bandara

Senin, 25 April 2016 - 13:08 | 33.34k
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (merdeka.com)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (merdeka.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Implementasi fasilitas bebas visa kunjungan yang diberikan pemerintah Indonesia harus dikawal. Dalam rangka itu pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten, Senin. 

Tiba pukul 11.00 WIB, Rizal langsung memasuki area Terminal 2 kedatangan internasional. Tampak ikut mendapingi pejabat dari otoritas bandara, Angkasa Pura, Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu, Ditjen Imigrasi serta Deputi II Kemenko Kemaritiman.

Saat sidak, Rizal menemukan banyak wisatawan yang belum mengetahui kebijakan bebas visa yang diberikan Pemerintah Indonesia. "Ternyata banyak yang belum tahu Indonesia bebas visa," katanya.

Dengan temuan seperti itu, ia akan meminta deputinya untuk mengirimkan surat kepada Kementerian Luar Negeri agar melakukan sosialisasi ke negara-negara penerima fasilitas bebas visa kunjungan.

"Untuk itu kami minta deputi kami untuk menulis surat ke Bu Menlu (Retno Marsudi) agar ada sosialisasi di negara yang menerima bebas visa supaya mereka memahami," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah memberikan fasilitas bebas visa kunjungan kepada 169 negara untuk bisa masuk ke Indonesia melalui Perpres Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 2 Maret lalu.

Fasilitas bebas visa kunjungan yang diberikan diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara guna memenuhi target 20 juta kunjungan pada 2020 mendatang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES