Peristiwa

Pecandu Narkoba di Blitar Didominasi Pengguna Pil Koplo

Sabtu, 09 April 2016 - 16:11 | 58.77k
AKBP Henry Siswanto,Kepala BNN Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
AKBP Henry Siswanto,Kepala BNN Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jumlah pengguna narkoba yang direhabilitasi oleh BNN Kabupaten Blitar selama tahun 2015 jumlahnya cukup banyak.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BNN Kabupaten Blitar selama tahun 2015, ada 385 penderita narkoba yang direhabilitasi. Sedangkan data awal tahun 2016 sampai dengan awal April 2016, ada 15 orang pengguna yang sudah direhabilitasi.

Berdasarkan data itu, pengguna pil koplo atau dobel L menempati peringkat pertama dengan prosentase 65 persen disusul dengan pengguna sabu dan ganja.

Kepala BNN Kabupaten Blitar AKBP Henry Siswanto mengatakan, data ini cukup mengkhawatirkan terutama untuk pil koplo karena para penggunaya mayoritas didominasi anak-usia remaja.

“Mereka para remaja tidak memiliki cukup uang maka mereka larinya ke pil Koplo. ini sangat mengkhawatirkan karena mereka bisa naik level menjadi pemakai sabu dan ganja,” kata Henry Siswanto kepada BLITARTIMES, Sabtu (9/4/2016).

Pil koplo menjadi pilihan anak muda dibandingkan dengan sabu dan ganja karena harganya yang relatif sangat murah.

“Data kami, mereka ini adalah anak para TKI yang bekerja di luar negeri. Tak hanya itu, rumah tangganya juga banyak yang berantakan karena ketika ibunya menjadi TKI, ayahnya yang ada di rumah malah main dengan perempuan lain,” imbuhnya.

Oleh karena itu menurut Henry, untuk menekan tingginya pengguna narkoba khususnya pil Koplo di kalangan remaja ini pihaknya ingin mengajak serta Dinas terkait khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang menangani TKI.

“Yang ingin kami kerjasaman dengan Disnakertrans adalah penyampaian pesan-pesan moral kepada para TKI. Agar mereka tahu kondisi yang ada itu seperti apa, hal-hal semacam ini harus ditekan,” ungkap Henry. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES