Peristiwa

Tahun 2016, Seluruh Pelajar Kota Blitar Wajib Ikut Bela Negara

Minggu, 06 Maret 2016 - 02:29 | 76.61k
Muhhammad Samanhudi Anwar, Walikota Blitar.(Foto Istimewa)
Muhhammad Samanhudi Anwar, Walikota Blitar.(Foto Istimewa)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Walikota Blitar, Muhammad Samanhudi Anwar menegaskan, mulai tahun 2016 ini seluruh pelajar di Kota Blitar wajib mengikuti bela Negara.

Alasan mewajibkan bela negara adalah karena ada indikasi rasa cinta tanah air dan bangsa, serta rasa nasionalisme masyarakat semakin pudar.

“Selain itu, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila juga semakin menurun,” kata Samanhudi kepada Wartawan, Sabtu (5/3/2016).

Menurut Samanhudi, Program bela negara akan wajib diikuti anak didik, mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini ( PAUD ), hingga Universitas.

“Untuk tingkat SD,  program ini dimulai dari kelas lima, sedangkan untuk SMP dan SMA mulai kelas dua. Sementara untuk Universitas sejak masuk bisa mengikuti pendidikan bela negara dan Untuk PAUD-TK bisa belajar sebulan sekali, pada pagi hari selama satu jam,” jelasnya.

Samanhudi menambahkan, dalam pelaksanaannya nanti, kegiatan bela negara ini juga akan diintegrasikan di berbagai mata pelajaran yang relevan dan kegiatan ekstrakurikuler.

“Saat ini kurikulum program pendidikan bela negara sedang digodok dan sudah mencapai tahap 90 persen. Rencananya Desember, kurikulum itu akan diselesaikan,” tutupnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES