Gaya Hidup

“Senyap” Bawa Pulang Piala Spirit Awards

Minggu, 28 Februari 2016 - 07:38 | 61.31k
Film Senyap karya Joshua Oppenheimer
Film Senyap karya Joshua Oppenheimer

TIMESINDONESIA, MALANG – Senyap, film kontroversial tentang upaya penelusuran kebenaran oleh keluarga korban ’65 kembali memperoleh pengakuan intrenasional.

Kali ini, penghargaan atas film karya Joshua Oppenheimer tersebut datang dari ajang Spirit Awards 2016, yang digelar di Santa Monica, Amerika Serikat, beberapa jam lalu.

Senyap berhasil memenangkan kategori Best Documentary Feature dengan mengalahkan sejumlah judul lain, seperti (T)error dan Heart of Dog. Spirit Awards sendiri merupakan ajang penghargaan bagi insan perfilman yang bergerak melalui jalur independen.  

Di Indonesia yang menjadi negara latarnya, film dengan nama lain The Look of Silence ini tak lepas dari pro dan kontra. Sejumlah acara pemutaran di Malang pada akhir 2014 dibubarkan paksa dan tidak selesai.

Semisal,  penayangan di Kedai Kelir yang terletak di bilangan Rampal, seseorang tetiba melancarkan protes keras di tengah film yang berujung pemutus-tayangan.

Selain Spirit Awardsm Senyap juga tengah menanti pengumuman pemenang dari ajang paling bergengsi Academy Award, yang akan dilangsungkan dalam hitungan jam kedepan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES