Pendidikan

Gawat, Buku Bahasa Jawa SD Muat Kata Tidak Pantas

Kamis, 18 Februari 2016 - 13:19 | 161.99k
Cover buku bahasa jawa untuk SD yang memuat askara jawa yang memiliki arti kurang pantas.(foto: tristania dyah/malangtimes)
Cover buku bahasa jawa untuk SD yang memuat askara jawa yang memiliki arti kurang pantas.(foto: tristania dyah/malangtimes)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lagi-lagi, buku belajar siswa di Kota Malang bermasalah. Kali ini, permasalah terletak pada cover buku kerja siswa untuk mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 1-6 sekolah dasar.

Pada cover buku tersebut, tertera tulisan dalam aksara jawa yang diduga tulisan tersebut memiliki arti alat kemaluan laki-laki.

Sebab, huruf pertama dalam tulisan itu memiliki arti 'ko', huruf berikutnya tertulis huruf 'n' yang dimatikan, sehingga terbaca kon. Selanjutnya, ada huruf (dalam askara jawa) yang artinya tersamarkan antara so atau to. Diakhir kata tertulis huruf 'L'. Maka jika disambungkan menjadi satu kata yang bermakna alat kelamin laki-laki

Salah satu sekolah yang menggunakan buku terbitan Dinas Pendidikan Kota Malang ini yakni SD Muhammadiyah IX Kota Malang.

Kepala SD Muhammadiyah IX, Sony Dermawan mengatakan tidak menyadari ada masalah pada cover buku bahasa jawa itu. 

"Saya gak paham kalau covernya yang bermasalah. Tim guru disini justru mengecek isi buku," ujar Sony. "Baru diberitahu ada masalah tadi pagi sama Kadisdik (kepala dinas pendidikan), tapi tidak diberitahu secara jelas masalahnya dimana," tambah Sony ditemui di ruangannya, Kamis (18/2/2016).

Buku yang disusun oleh Tim Penyusun Kelompok Kerja Guru SD Kota Malang ini tersebar merata di seluruh SD se-Kota Malang. Dan dibagikan serentak pada awal semester lalu. "Awal Februari dibagikan ke siswa," tutup Sony. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES