Pendidikan

Mahasiswa Untag Ciptakan Ular Tangga Edukasi

Selasa, 26 Januari 2016 - 18:00 | 133.27k
Peragaan ular tangga edukasi. (Foto: Yovinus Guntur Wicaksono/surabayatimes)
Peragaan ular tangga edukasi. (Foto: Yovinus Guntur Wicaksono/surabayatimes)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ular tangga tidak sekadar permainan jadul anak-anak. Di tangan Tri Utami dan Yolanda Tri Artanti, permainan ular tangga yang bisa membantu pengenalan diri anak pra-operasional pada usia anak pra-sekolah.

Dua mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya ini berhasil memodifikasi permainan ular tangga yang sarat edukasi.

Keduanya menjadikan permainan ini berisikan ajaran pengenalan keluarga dan diri sendiri mulai dari anggota tubuh dan panca indra, serta mengenalkan huruf dan angka.

Tri Utami mengatakan, permainan ular tangga ini berbentuk persegi dengan ukuran 80X80 cm persegi, terbuat dari bahan acrylic. Sedangkan pion terbuat dari plastik dan kartu soal terbuat dari kertas. Ada huruf A-L yang ditentukan di permainan ini.

Untuk huruf A yaitu pengenalan suara, huruf B pengenalan lidah, huruf C pengenalan kaki, huruf D mengenal jenis kelamin.

Adapun huruf E mengenal telinga, huruf F mengenal strawberry, huruf G mengenal hidung, huruf H mengenal tangan.

Sedangkan huruf I mengenal keluarga, huruf J mengenal Huruf A-Z, huruf K mengenal angka, dan huruf L mengenal mata.

Cara bermainnya, pemain disuruh memilih warna, yakni warna biru, merah dan kuning. Setelah itu pemain mengambil salah satu kartu dan ditempatkan sesuai abjad yang ada.

Pemain kemudian mengambil kertas pertanyaan dan menjawab pertanyaan, jika benar akan mendapatkan satu bintang. Bintang tersebut ditaruh dalam kotak warna yang dipilih awal mulai tadi.

"Setiap pemain mendapatkan 12 kali kesempatan bermain dan pemenang bisa mendapatkan hadiah dari pendamping," ujar Tri Utami, Selasa (26/1/2016).

Etty Sari Ramadhani selaku dosen pembimbing bangga dan senang, karena mahasiswanya dapat menciptakan permainan yang memiliki nilai edukasi.

Menurutnya, permainan ini sangat cocok untuk anak usia 4-6 tahun atau usia anak pra-sekolah lebih tepatnya.

Tema kognitif yang diangkat sesuai dengan pra operasional usia anak 2-7 tahun. Yang masih berdasarkan keinginan, masih belajar melalui simbol intuisi, dan pengenalan diri melalui simbol.

"Permainan ular tangga ini sesuai pedoman kurikulum 2004 KBK (kurikulum berbasis kompetensi)," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES