Kesehatan

Inilah 9 Manfaat Lidah Buaya

Jumat, 01 Januari 2016 - 07:38 | 64.92k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lidah Buaya (aloe vera) dikenal dapat dijadikan sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh seperti penyubur rambut, penyembuh luka, dan dijadikan untuk perawatan kulit. 

Tak hanya rambut dan kulit, tamanan ini ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan karena penelitian membuktikan, Lidah buaya terbukti menyimpan zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat. Kandungan mineral, enzim dan amino pada lidah buata terbukti penting bagi metabolisme tubuh.

Penasaran dengan manfaat lidah buaya? Berikut ini 9 khasiat dan manfaat Lidah Buaya yang disarikan dari laman Cyber Extension Kementerian Pertanian RI (cybex.deptan.go.id).

1. Detoksifikasi/Penangkal racun 

Aneka mineral dan vitamin dalam lidah buaya bermanfaat sebagai detoksifikasi (penangkal) dari racun yang masuk ke tubuh dengan cara dijus.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Setelah diteliti lebih lanjut, lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi refluks asam dan menenangkan esophagus. Dengan demikian, akan menghindarkan kita dari risiko iritasi usus maupun tukak lambung, sehingga menyehatkan proses pencernaan.

3. Mengatasi Diabetes

Meminum jus lidah buaya secara rutin disinyalir dapat mencegah resiko diabetes. Sebab kadar gula darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

4. Menjaga berat badan dan merawat kulit

Selain beberapa manfaat jus lidah buaya di atas, ternyata lidah buaya yang dijus juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit serta bisa menurunkan berat badan.

5. Bisa menjadi obat cacingan dan susah buang air kecil

Caranya, akar lidah buaya dicuci lalu jemur sampai kering. Selanjutnya rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal lira-kira setengah gelas. Lalu, minum ramuan sekaligus.

6. Lidah buaya bisa sebagai obat ambeien

Caranya Ambil 1/2 batang daun lidah buaya dibuang duri-durinya, cuci dan parut. Beri 1/2 gelas air lalu peras. Selanjutnya kasih 2 sendok makan madu. Minum secara rutin sehari tiga kali.

7. Mengobati sembelit 

Karena zat Aloe lateks yang terkandung dalam lidah buaya bisa menghasilkan antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang berfungsi sebagai obat pencahar. Caranya, cuci dan kupas 1/2 batang daun lidah buaya. Potong kecil-kecil isinya. Seduh dengan 1/2 gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Makan selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

8. Mengobati luka bakar/tersiram air panas (ringan).

Lidah buaya dicuci bersih dan dikupas. Tempelkan bagian dalamnya pada bagian yang terkena api/air panas.

9. Sebagai obat penyubur rambut

Siapakan daun lidah buaya secukupnya. Cuci lalu kupas. Selanjutnya gosokkan daging lidah buaya pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES