Ekonomi

Jelang Tutup Tahun, Harga Daging Ayam Melambung

Kamis, 31 Desember 2015 - 13:17 | 49.14k
Pedagang daging ayam di Pasar Sidoharjo, Khusnul Qotimah. (Foto: Ardiyanto/lamongantimes)
Pedagang daging ayam di Pasar Sidoharjo, Khusnul Qotimah. (Foto: Ardiyanto/lamongantimes)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Menjelang perayaan Tahun Baru 2016 harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Lamongan melambung, kenaikan paling signifikan dirasakan pada penjualan daging ayam potong.

Kenaikan bahan pokok kian terasa sehari menjelang Tahun Baru. Seperti pantauan di Pasar Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, pada Kamis, (31/12/2015) ini.

“Menjelang Tahun Baru memang naik harganya. Mulai 2 hari ini drastis melonjak,” ujar pedagang daging ayam, Khusnul Qotimah.

Memang kenaikan nyaris terjadi setiap menjelang pergantian tahun. Dari beberapa bahan pokok,  daging ayam paling besar kenaikannya lebih dari  10 persen.

“Yang kemarin Senin Rp 28 ribu jadi, Rp 30 ribu ke Rp 32 ribu sekarang Rp 34 ribu,” paparnya.

Menurutnya, faktor penyebab kenaikan harga daging ayam bukan lantaran pasokan daging ayam mengalami keterlambatan, melaikan karena perayaan tahun baru yang bertepatan dengan libur panjang. Akibat dari kenaikan tersebut penjualan daging ayam pun menurun. “Ya pembeli berjurang,” aku dia.

Kenaikan harga daging ayam juga berimbas dengan kenaikan harga telur ayam. Harga telur yang semula Rp 19 ribu, sekarang naik menjadi Rp 22 ribu per kilogram.

Namun, kenaikan harga daging ayam, tak diikuti kenaikan harga daging sapi. Di Lamongan harga daging sapi masih terhitung normal menjelang libur tahun baru. Garga daging sapi lokal masih normal, yakni mulai Rp 95 ribu per kilogram.

Salah seorang pembeli, Endang Merdekaningsih menilai kenaikan harga daging ayam cukup wajar di saat Tahun Baru. Ia pun tidak terbebani dengan harga ayam yang ada. “Ya wajarlah, ada naik dan turunnya,” akunya.

Endang juga merasakan kenaikan di sejumlah bahan pokok lainnya. Namun, sebagai ibu rumah tangga Ia tetap membelinya. “Ya kan tidak sendirian, naikknya kan semua, termasuk harga-harga sembako,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES