Ekonomi

Bondowoso Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,46 Persen

Selasa, 29 Desember 2015 - 14:07 | 99.14k
Sejumlah pekerja memeriksa kesiapan alat berat jelang pengeboran 22 Desember mendatang di Desa Curah Macan Kecamatan Sempol, Bondowoso, Selasa (15/12/2015). (Foto : Friska Kalia/timesindonesia)
Sejumlah pekerja memeriksa kesiapan alat berat jelang pengeboran 22 Desember mendatang di Desa Curah Macan Kecamatan Sempol, Bondowoso, Selasa (15/12/2015). (Foto : Friska Kalia/timesindonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mengambil langkah berani dengan menargetkan pertumbuhan ekonomi akan naik hingga angka 5,46%. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Bondowoso, Matsakur  mengaku cukup yakin target tersebut akan tercapai mengingat pertumbuhan ekonomi di Bondowoso sudah semakin meningkat.

“Tahun depan kita targetkan 5,46%. Ini naik dibanding 2014 lalu yang hanya 5,08%. Namanya target kita harus optimis dan tidak ada tawar menawar harus kita capai. Sudah mulai terlihat dari sektor pariwisata dan pertanian. Belum lagi ada tambahan energi panas bumi di Sempol,” kata Matsakur kepada BONDOWOSOTIMES, Selasa (29/12/2015).

Menurut Matsakur, Pemkab sudah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk mencapai target tersebut salah satunya dengan mengoptimalkan sektor unggulan seperti pertanian, perkebunan dan sektor wisata.

Dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pertumbuhan ekonomi di Bondowoso cenderung lambat jika dibanding dengan kabupaten disekitarnya seperti Jember dan Banyuwangi.

Tahun 2010 lalu pertumbuhan ekonomi Bondowoso berada angka 4,54%. Angka ini sempat mengalami kenaikan di tahun 2012 mencapai 6,09% dan kembali turun menjadi 5,08% ditahun 2014 lalu.

Kabupaten Bondowoso sendiri masih masuk dalam katagori kabupaten tertinggal di Jawa Timur. jika dilihat, angka kemiskinan di Kabupaten ini juga masih cukup tinggi.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, kemiskinan di Kabupaten ini mencapai 14,55% atau 110.420 jiwa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES