Ekonomi

Hadapi MEA, Unesa Siapkan Bantuan Sertifikasi Profesi

Selasa, 29 Desember 2015 - 05:34 | 127.46k
Unesa siap buka LSP untuk bantu masyarakat (Foto: wikipedia)
Unesa siap buka LSP untuk bantu masyarakat (Foto: wikipedia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengaku siap mengoptimalkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mereka miliki untuk membantu masyarakat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Selama ini, LSP Unesa hanya diperuntukkan SMK. Ke depan, kami akan berdayakan untuk mahasiswa kami sendiri dan masyarakat umum," terang Rektor Unesa, Prof Warsono sebagaimana dikutip Antara, Senin (28/12/2015).

MEA di mata banyak orang merupakan tantangan. Namun ia meminta Indonesia melihatnya sebagai peluang meski Indonesia juga akan menjadi 'pasar', apalagi jumlah penduduk di tanah air merupakan 50-60 persen penduduk ASEAN.

"Peluang kita ada pada budaya, seni, kerajinan, dan pertanian atau agrobisnis. Mungkin negara lain juga unggul dalam pertanian, tetapi pertanian kita unggul dalam jenis tanaman yang lebih bervariasi," imbuh Warsono.

Untuk itu, Guru Besar PPKN itu menegaskan bahwa universitas harus berperan dalam mendukung potensi yang ada melalui jaminan sertifikasi. "Ijazah itu hanya keunggulan dalam akademik, tetapi keunggulan profesi atau vokasi itu perlu sertifikasi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES