Ekonomi

Bondowoso Pacu Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pasar Desa

Senin, 28 Desember 2015 - 14:25 | 95.96k
Ilustrasi Pasar Tradisional (foto: antaraphoto)
Ilustrasi Pasar Tradisional (foto: antaraphoto)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terus mendorong tumbuhnya pasar-pasar tradisional di desa. Salah satu caranya dengan secara rutin merevitalisasi pasar desa yang ada agar terus berkembang menjadi pusat perekonomian masyarakat desa.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan, Pemkab sudah merevitalisasi sedikitnya 5 pasar tradisional di tahun 2015. Revitalisasi tersebut juga mendapat dukungan dari Kementerian Desa dan Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Karena pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat, maka kami upayakan tetap ada dan tidak kalah dengan pasar modern. Caranya tentu kami lakukan perbaikan secara berkala,” kata Amin Said Husni.

Amin menegaskan, pihaknya terus berupaya membuat pasar yang ada bersih, tidak kumuh, aman dan nyaman bagi pembeli. Sehingga fungsi pasar tradisional sebagai pusat perekonomian tetap terjaga.

Selain itu, Amin juga menginstruksikan kepada dinas terkait agar berkoordinasi untuk mengendalikan pembangunan pasar modern atau minimarket yang berlokasi di dekat pasar tradisional. Ini dilakukan agar para pedagang yang berjualan di pasar tradisional tidak terganggu akibat merebaknya pasar modern.

Informasi yang dihimpun dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, sejumlah pasar yang sudah direvitalisasi diantaranya pasar Desa Klabang, Pakem, Sukosari, Curahdami dan Desa Sumber Wringin.

Untuk membenahi kelima pasar desa tersebut, Pemkab Bondowoso mendapatkan bantuan anggaran sebebsar 1,9 milyar dari dua kementerian. Diharapkan perekonomian masyarakat desa ikut menggeliat dengan dibangunnya pasar-pasar desa tersebut. (*).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES