Kesehatan

9 Manfaat Petai, Dari Stroke sampai Makanan Anti Stress

Jumat, 25 Desember 2015 - 09:12 | 846.20k
Ilustrasi. 9 Manfaat Petai
Ilustrasi. 9 Manfaat Petai

TIMESINDONESIA, JAKARTA – SUKA makan petai atau pete? Anda menjadi orang yang beruntung. Karena petai ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Selama ini, masih banyak orang yang menganggap atau memandang petai itu dari sisi baunya saja. Padahal, dibandingkan dengan apel, petai memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A serta zat besi, serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. 
Jadi masih tidak suka makan petai? Berikut 9 manfaat petai yang disarikan TIMESINDONESIA. Semoga bermanfaat.

1. Mencegah stroke. Yup..menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine”, makan petai juga sebagai sisi dari makanan sehari-hari bakal menurunkan resiko kematian lantaran stroke hingga 40 persen.

2. Petai bermanfaat bagi kaum perempuan karena dapat menangani Premenstrual Syndrome (PMS) yang biasanya bisa sangatlah mengganggu. Kandungan zat besi yang cukup tinggi bisa menstimulasi produksi sel darah merah serta mencegah terjadinya anemia.

3. Perannya juga sebagai antioksidan dapat mencegah beragam radikal bebas pada badan akibat dari makanan tidak sehat maupun lingkungan yang kotor mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh.

4. Kandungan seratnya yang tinggi juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Tingginya kadar kalium bisa petai bakal membantu untuk melindungi keseimbangan cairan badan, mengatur detak jantung, serta membantu mengirimkan oksigen ke otak.

5. Petai juga memiliki kandungan sumber energi yang baik, yakni 142 kkal per 100 g biji, kandungan fosfor pada petai juga cukup baik, yakni 115 mg per 100 g biji.

6. Petai mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Selain itu, petai juga mengandung gula alami yang bisa menjadi sumber tenaga instan tetapi mempunyai dampak yang besar. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk pencernaan.

7. Petai juga dapat menetralisir asam lambung serta mengurangi iritasi pada lambung dengan melapisi permukaan dalam lambung. 

8. Petai juga dipercaya bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Bagaimana ceritanya buah atau biji petai ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif? Ternyata buah petai ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. 

9. Petai juga bisa meredakan depresi karena petai mengandung zat tryptophan yang bisa meredakan depresi atau stress pada seseorang. Tryptophan juga membuat tubuh menjadi lebih rileks, dapat memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang dan membuat tubuh terasa lebih bahagia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES