Kesehatan

9 Buah yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Rabu, 23 Desember 2015 - 18:22 | 289.07k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ibu hamil sangat memerlukan banyak nutrisi untuk kesehatan dirinya dan janin yang ada dikandungannya. Apa yang dimakan harus bisa bermanfaat untuk perkembangan janin. Ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil seperti nanas dan durian. Namun ada banyak buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Berikut 9 buah yang baik untuk ibu hamil versi Times Indonesia.

1. Alpukat


Buah dengan tekstur lembut ini sudah dikenal sangat bermanfaat dikonsumsi ibu hamil. Alpukat mengandung vitamin B kompleks, Kalium, serta Asam Folat. Dengan kandungannya itu, alpukat sangat membantu perkembangan otak pada janin dan menguatkan tulang pada bayi yang Anda kandung.

2. Buah naga


Buah naga memiliki zat-zat yang dibutuhkan untuk perkebangan janin. Buah naga mengandung banyak vitamin C, karbohidrat, asam, folat dan karoten. Asam folat sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan menghindari risiko melahirkan bayi lahir cacat pada sistem saraf otak.

3. Strawberry


Buah ini sangat kaya akan vitamin A, C, B5, B6, Vitamin K, Omega 3, Magnesium. Bagi ibu hamil, buah ini dapat membantu membakar lemak pada tubuh sehingga sangat cocok dikonsumsi mereka yang tengah melakukan diet kehamilan. Buah strawberry juga dapat mencegah bayi lahir prematur dan cacatnya janin. 

4. Apel


Buah apel memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan janin ibu hamil. Kandungan vitamin A, B kompleks, dan vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil terhadap serangan berbagai penyakit. Bila Anda terserang diare saat hamil, apel pun dapat menjadi obatnya.

5. Pisang


Pisang adalah buah yang tinggi akan kandungan kalium, serta vitamin B6 yang sangat diperlukan bagi perkembangan janin dalam kandungan. Pisang juga buah yang tinggi serat pektin, yang membantu mengatasi masalah kesehatan yang umum selama kehamilan yaitu sembelit.

6. Anggur


Anggur kaya akan antioksidan yang mampu menjaga ibu hamil dari kemungkinan serangan kanker yang bisa datang kapan saja. Anggur merah merupakan jenis anggur yang paling baik dikonsumsi ibu hamil. Anggur jenis ini mengandung senyawa resvaratol dan polifenol yang dapat meningkatkan fungsi metabolisme melalui penambahan asupan zat besi dan sumber karbohidrat. 

7. Mangga


Buah mangga dapat membantu kerja pencernaan, serta mengandung Vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga dapat membantu untuk mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang sering dialami wanita hamil.

8. Kurma

Buah ini memiliki kandungan gulma hingga 70%, zat besi, vitamin B, kalium, dan asam folat yang mampu menjaga stamina ibu hamil sehingga tetap kuat menjalani hari-hari kehamilan. Mengkonsumsi kurma dengan rutin setiap hari ternyata mampu menguatkan dinding rahim, meningkatkan pertumbuhan otak pada bayi, serta mencegah kram selama hamil.

9. Manggis


Buah manggis mengandung vitamin C berperan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga elastisitas kulit selama kehamilan karena pertumbuhan janin yang semakin membesar. Buah manggis juga mengandung asam folat dan mangan. Asam folat membantu dalam menurunkan resiko bayi prematur atau kelainan janin seperti cacat organ tubuh bayi. Sedangkan mangan bermanfaat melindungi dari radikal bebas dan membantu pembentukan tulang rawan dan kerangkan janin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES