Kesehatan

Kenapa Orang Madura Selalu Sehat? Ini Kuncinya

Selasa, 22 Desember 2015 - 06:44 | 99.15k
MIRACLE TREE: Daun Marongghi sebagai sayur favorit orang Madura untuk menjaga kesehatan. (Foto: alhafid rahmana/maduratimes).
MIRACLE TREE: Daun Marongghi sebagai sayur favorit orang Madura untuk menjaga kesehatan. (Foto: alhafid rahmana/maduratimes).

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Daun kelor (Marongia Oleifera) atau lumrah disebut daun Marongghi, salah satu jenis sayur khas makanan yang paling digemari orang Madura mulai dari bayi hingga lansia. Makan tanpa Marongghi, bagi orang Madura ibarat sayuran tanpa garam.

Pohon Marongghi, banyak ditanam di sekitar halaman rumah. Bahkan bermanfaat sebagai pagar halaman rumah. Meskipun banyak warga yang belum mengetahui khasiatnya, namun Marongghi sudah menjadi jenis sayuran yang diwarisi leluhur orang Madura. Kepercayaan orang Madura, makan Marongghi menyehatkan.

Organisasi kesehatan dunia, world healt organization (WHO) dan beberapa ahli kesehatan menemukan manfaat daun kelor sangat baik untuk kesehatan. Kandungan di dalam Marongghi di antaranya Potasium tiga kali lipat dari pada pisang. Kadungan lainnya berupa Kalsium empat kali lipat lebih banyak daripada susu.Dan juga di ketahui memiliki Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk.Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.Juga memiliki Dua kali lipat protein dari pada susu.

WHO memilih Marongghi sebagai miracle tree setelah melakukan penelitian dan mengetahui manfaat daun kelor lah yang berjasa sebagai penjaga kesehatan yang bisa didapatkan dengan harga murah selama 40 tahun pada negara-negara termiskin di dunia ini.

Berikut khasiat daun kelor.

Alergi, untuk mengatasi alergi,ambil tiga gagang dan direbus, adas pulasari secukupnya, ditambah satu siung bawang merah, dan ditambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin. Herpes, kurap dan luka bernanah, ambil tujuh gagang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus kemudian diitempelkan pada bagian yang bermasalah.

Manfaat Buah Marongghi untuk sakit mata, cukup ambil tiga gagang lalu di tumbuk hingga halus dan ditambahkan air satu gelas, di aduk sampai merata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya untuk tetes mata.

Manfaat daun kelor untuk Rematik, pegal linu, nyeri, ambillah dua gagang dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan lalu di tumbuk sampai halus, setelah halus gosok pada bagian tubuh yang sakit sebagai param. Menghilangkan flek wajah, ambillah beberapa daun yang masih muda, tumbuk sampai sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES