Kesehatan

IAC Berharap Pemerintah Penuhi Ketersediaan Obat Hepatitis C

Selasa, 22 Desember 2015 - 01:36 | 73.85k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Eksekutif LSM Indonesia AIDS Coalition (IAC) Aditya Wardhana mengharapkan adanya ketersediaan obat Sofosbuvir untuk mengobati para pasien hepatitis C di Indonesia. Obat ini dinilai memiliki tingkat menyembuhkan Hepatitis C di atas 95 persen.

Sebelumnya, lima bulan lalu, IAC bersama rekan-rekan dari Koalisi Obat Murah (KOM) mengadakan aksi untuk meminta ketersediaan obat Hepatitis C, Sofosbuvir di Indonesia kepada BPOM dan Kementerian Kesehatan

"Namun sampai saat ini obat jenis Sofosbuvir masih tersedia di satu rumah sakit di Jakarta, sehingga masyarakat di daerah lain sangat sulit mendapatkan obat ini. Sementara obat Hepatitis C yang lein, seperti jenis Ledipasvir dan Daclastavir belum tersedia," kata Aditya Wardhana di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Pihaknya juga mengharapkan pemerintah untuk bisa menyediakan akses obat ini yang terjangkau bahkan dapat dijamin oleh Jaminan Kesehatan Nasional. Saat ini di Indonesia obat Sofosbuvir versi paten dijual dengan harga Rp14 juta per butir pil. Harga ini jauh lebih mahal dari beberapa negara lain seperti di India.

"Obat Sofosbuvir dijual di India dalam versi generik dengan harga Rp95 ribu per butir pil sehingga total biaya yang dibutuhkan untuk satu kali terapi penuh akan jauh lebih murah," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES