Kesehatan

Ibu Hamil Harus Konsumsi Buah Naga, Ini Manfaatnya

Senin, 21 Desember 2015 - 00:37 | 65.00k
Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. (foto: alodokter.com)
Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. (foto: alodokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena itu ibu hamil yang harus mencukupi kebutuhan nutrisi dirinya sendiri dan janin sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah segar. Salah satu buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah naga, karena memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat buah naga yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Membantu pembentukan sel darah merah

Setiap 100 gram buah naga segar mengandung 0,55 zat besi. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah, sehingga akan mencegah masalah kurang darah atau anemia. Masalah kurang darah ini sering terjadi pada wanita hamil.

2. Mengandung karbohidrat

Satu porsi 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Selama kehamilan, wanita direkomendasikan mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi ibu hamil.

3. Mengandung folat

Buah naga juga mengandung folat yang sangat diperlukan untuk wanita hamil. Folat juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, dan jika seorang wanita hamil kekurangan folat, kemungkinan besar bayinya bisa mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube, atau cacat pada saraf.

4. Mengandung serat

Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat. Dietary Reference Intakes merekomendasikan setidaknya 28 gram serat perhari pada saat Anda sedang hamil. Anda bisa menambahkan buah naga untuk campuran dengan buah lain yang juga mengandung banyak serat makanan.

5. Tinggi nutrisi

Buah naga adalah salah satu buah dengan nutrisi tinggi. Selain hal di atas buah naga juga mengandung vitamin C, fitokimia, protein, kalium, vitamin B1 dan masih banyak lainnya. Buah naga akan banyak bermanfaat untuk ibu hamil sebagai kontributor gizi kompleks bagi ibu dan janin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES