Kesehatan

Pendampingan Orang Tua Sangat Penting untuk Anak Penyandang Kanker

Sabtu, 19 Desember 2015 - 18:49 | 54.71k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak yang menderita kanker sangat perlu pendampingan kedua orang tua. Orang tua harus sehati mendampingi anak. Dengan perhatian dan kasih sayang dari orang tua, anak akan merasa nyaman dan terlindungi.

"Orang tua perlu menerima kenyataan tersebut dan kemudian saling bekerja sama untuk menghadapinya," kata Ketua Yayasan Anyo Indonesia Pinta Manullang Panggabean seperti dilansir dari Antara di Jakarta, Sabtu (19/12/2015).

Orang tua juga perlu membuka diri kepada pihak sekolah, orang tua murid lainnya dan lingkungan sosial dengan menginformasikan kondisi anaknya tersebut. Sikap kooperatif orang tua dengan tenaga medis yang menangani anaknya juga sangat diperlukan.

"Misalnya pada kanker darah atau leukimia, kalau dokter meminta untuk biopsi atau mengambil jaringan darah dari sumsum tulang belakang, hendaklah orang tua mengikutinya. Jangan ditunda," kata Pinta.

Dengan penanganan sejak dini, anak-anak penyandang kanker memiliki kemungkinan untuk sembuh lebih besar, daripada kanker yang sudah memasuki stadium lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES