Ekonomi

Tingkatkan Kehidupan, Mantan TKI Lebak Buka Usaha Mandiri

Senin, 09 November 2015 - 23:17 | 38.85k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BANTEN – Tenaga Kerja Indonesia yang berasal dari Kabupaten Lebak, Banten patut diapresiasi. Setelah tidak bekerja di luar negeri, mantan TKI dari Lebak tersebuut hidup secara mandiri dengan membuka usaha ekonomi kreatif.

Kehidupan ekonomi mantan TKI di Kabupaten Lebak ternyata dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan. Bahkan, perkampungan TKI suah tidak ditemukan rumah panggung terbuat dari bambu dan atap rumbia.

“Mantan TKI tersebut membuka warungan, kerajinan anyaman, rumah makan, usaha peternakan, kios pertokoan hingga material bangunan. Hal ini patut diapresiasi,” ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Ke Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lebak, Suprapto di Lebak, Senin (9/11/2015).

Bukan hanya dari segi ekonomi, pendidikan anak-anak mantan TKI tersebut juga sudah jauh berbeda dari sekitar 10 tahun silam. Kini banyak anak mantan TKI yang menjadi dokter, perawat, bidan, DPRD, PNS, TNI dan Polri.

Pemerintah setempat berharap mantan TKI ini tidak lagi kembali bekerja di luar negeri dan tetap mengembangkan usaha di tanah air. "Kami berharap mantan TKI terus mengembangkan usaha dan tidak kembali bekerja ke luar negeri," kata Suprapto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES