Gaya Hidup

Jangan Malas Mandi Jelang Subuh, Ini Beragam Manfaatnya

Selasa, 27 Oktober 2015 - 03:29 | 54.31k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Mandi saat menjelang subuh bagi sebagian orang susah untuk dilakukan. Padahal mandi menjelang subuh ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jika anda mengetahui manfaat mandi menjelang subuh pasti Anda tak akan malas lagi. Berikut manfaat mandi menjelang subuh untuk kesehatan Anda.

1. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh
Tahukah Anda ternyata air dingin yang menyentuh kulit kita ketika mandi menjelang subuh mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh selalu sehat dan tercegah dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh.

2. Menjadikan kulit wajah awet muda
Semua orang pastinya ingin terus terlihat awet muda. Penuaan memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat tanda-tandanya. Dengan sentuhan air dingin saat mandi, kulit akan menjadi halus, sehat, cerah, dan tanda-tanda penuaan akan hilang. Namun dengan 1 catatan: lakukan mandi menjelang subuh secara rutin.

3. Mencegah penyakit tekanan darah tinggi
Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi tergolong sebagai salah satu penyakit berbahaya. Agar terhindar dari penyakit hipertensi, mandi di pagi hari (menjelang subuh) sangat disarankan karena air dingin yang menyentuh kulit dapat memicu pembuluh darah untuk melebar.

4. Meningkatkan jumlah sel darah putih secara signifikan
Sel darah putih adalah salah satu elemen penting pada sistem imun kita. Sel-sel darah putih ini berperan sebagai penjaga dan pembangun sistem imun tubuh. Dengan mandi saat menjelang subuh, sel-sel darah putih dalam tubuh akan meningkat jumlahnya. Dengan demikian, sistem imun tubuh pun akan semakin kuat.

5. Menghilangkan stress
Stress ternyata dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, stress bisa menjadi pemicu timbulnya gangguan kesehatan dan gangguan psikis seseorang. Mandi menjelang subuh secara rutin mampu menghilangkan stress karena pikiran menjadi segar kembali dan siap untuk memulai aktivitas sehari-hari.

6. Meningkatkan kesuburan
Mandi di pagi hari, terutama saat menjelang subuh, dapat meningkatkan hormon testosterone pada pria dan juga hormon estrogen pada wanita. Jadi bagi Anda para pasutri yang ingin segera memiliki keturunan, mulai sekarang biasakan mandi pagi secara rutin. 

7. Menyehatkan rambut
Apa hubungannya kebiasaan mandi di pagi hari dengan kesehatan rambut? Ternyata air dingin dapat melapisi lapisan kutikula rambut sehingga rambut tidak akan mudah rontok. Air dingin yang mengguyur rambut juga mampu membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala sehingga kulit kepala akan bersih dan rambut pun akan sehat serta kuat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES