Gaya Hidup

Makanan Ini Cocok untuk Wanita 'Matang'

Senin, 26 Oktober 2015 - 22:52 | 124.17k
Foto: googleimage
Foto: googleimage

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga asupan gizi itu penting. Lebih penting lagi jika Anda sudah memasuki usia paruh baya. Kemampuan tubuh yang semakin terdegradasi usia membuiah usia paruh baya membutuhkan perhatian yang lebih serius.

Ahli gizi mencatat, usia paruh baya antgara laki-laki dan perempuan membutuhkan beda perlakuan. Nah, jika Anda perempuan paruh baya atau bahasa halusnya perempuan 'matang', perhatikanlah beberapa makanan yang bagus dikonsumsi sebagaimana dilansir keluarga.com berikut ini. Makanan-makanan itu antara lain :

1.    Beras merah

Sebagaiman dikatakan ahli gizi, 100 gr beras merah mengandung 110 kalori, dengan kadar karbohidrat 84 persen, lemak 7 persen, dan protein 9 persen

Beras merah juga mengandung mineral mangaan sebanyak 88 persen. Mineral yang dikandung dalam beras merah itu memiliki fungsi mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi. Jika para wanita paruh baya mengonsumsi berah merah secara rutin akan menghindarkan diri Anda dari kelebihan protein dan karbohidrat. Yang lebih baik lagi, konsumsi beras merah akan membuat Anda selalu aktif dan bertenaga dalam melakukan kegiatan.

2.    Telur ayam

Jenis makanan sehat kedua yaitu telur. Dalam hal ini berlaku jamak,  bisa jadi telur ayam biasa, telur bebek, dan telur puyuh. Namun bagi telur ayam biasa saja sudah mengandung vitamin B2, B12, A, D, dan E, phospor yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan hormon Tiroid dan Selenium sebagai antioksidan yang akan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Juga mengandung 70-80 kalori dan 6,5 gr protein dan 125,5 mg kolin.

Kandungan nutrisi telur sangat bermanfaat bagi wanita paruh baya – protein tinggi dari kuning telur dapat memperlambat pembentukan fibrinogen dalam darah. Fibrinogen melalui proses kimiawi akan berubah menjadi fibrin yang berperan pada proses pembekuan darah, yang dapat menyebabkan stroke ataupun serangan jantung. Namun jangan pula mengonsumsi telur berlebihan karena menambah resiko kolesterol.

3.    Ikan

Ikan mengandung protein 18 %, lemak 20 %, vitamin B, B6, B12, biotin dan niacin, magnesium, phosphor, iodium, flour,zat besi, copper, zinc, dan selenium, serta Omega 3.

Manfaat ikan bagi wanita paruh baya adalah sebagai zat anti pembengkakan untuk menghindari nyeri pada persendian. Terutama pada wanita usia 40 tahun ke atas yang sangat rawan pada penyakit tersebut.

4.    Yoghurt

Kandungan yang dimilikinya hampir sama dengan susu, namun dari hasil fermentasinya akan menghasilkan bakteri baik yang berfungsi baik pada sistem pencernaan tubuh, terutama bagi wanita usia lanjut akan membantu sistem ekskresi yang tidak lancar. 
Rutin mengkonsumsi yoghurt akan terhindar dari segala macam penyakit atau peradangan pada usus besar.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES